Skip to toolbar

MASALAH POLITIK YANG SERING TERJADI DI SEKITARAN KITA

Masalah adalah sebuah persoalan yang timbul akibat terjadinya hubungan antara dua faktor atau lebih, sehingga menghasilkan persoalan yang tidak memiliki titik temu. Masalah ini sering terjadi di sekitaran kita, terutama jika menjelang pemilu, di situlah terjadi masalah politik yang menimbulkan banyak persoalan dan mengakibatkan perseteruan antara beberapa pihak. Masalah ini sudah tidak asing lagi bagi kita karna sering kita jumpai, bahkan masalah kecil saja bisa menjadi besar akibat kesalah pahaman antar pendukung.

Contoh kecil yang sering terjadi disaat pemilu adalah pertengkaran antar pendukung calon yang mengakibatkan perkelahian dalam masyarakat karna banyaknya isu yang tersebar. Contoh lain yang tidak asing lagi bagi kita adalah politik uang. Kita sebagai masyarakat harus pandai memilih calon, agar bisa mengubah pemerintahan yang lebih baik dari sebelumnya. Bukan karena ada uang sehingga kita memilih mereka. Coba berfikir lebih bijak. Mereka akan memimpin selama lima tahun, sedangkan kita hanya mendapatkan uang yang tidak seberapa dalam masa kepemimpinanya. Maka dari itu jadilah pemilih yang cerdas, karena bangsa ini bisa bangkit dari kita masyarakat cerdas.

Pertama, masalah yang akan kita hadapi kedapannya adalah pada tahun 2024, di mana pemerintah akan melakukan pemilihan umum secara serentak diberbagai daerah. Banyaknya permasalahan yang akan timbul akibat pemilihan tahun 2024 ini, terutama Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI akan bekerja keras untuk menghadapi pemilu yang akan datang agar bisa berjalan dengan baik kedepannya. Karena tidak menutup kemungkinan, masalah yang timbul dari pemilihan sebelumya akan terulang kembali pada tahun 2024.

Kedua, masalah yang paling sering terjadi menjelang pemilu pada tahun 2024 adalah kurangnya partisipasi masyarakat untuk memilih. Biasanya hal ini terjadi karena adanya politik uang dan masalah konfilik antar pendukung calon yang bisa mengakibatkan bentrok. Selain itu, masyarakat kurang berpartisipasi karena kurangnya kepercayaan dan terlalu banyak janji oleh calon pemilu kepada masyarakat saat sedang berkampanye. Bahkan, banyak kandidat yang terpilih biasanya tidak akan menepati janji. Hal ini juga dapat mengurangi partisipasi pemilih dan lebih mau bermain politik uang.

Terakhir, penyelenggara pemilu nantinya harus lebih memperketat penjagaan terhadap pemiluh pada tahun 2024. Hal itu harus diantisipasi agar tidak terjadi konflik antar pendukung yang dapat mengakibatkan kerusakan fasilitas umum.
Pemilihan juga perlu dukungan dari Polri agar bisa berjalan lebih kodusif nantinya. Kalau tidak, hal ini bisa saja mengakibatkan jatuhnya korban jiwa antar pendukung dan penyelengara. Polri harus bisa berkomitmen untuk membuat pemilu yang bersih, jujur dan adil.

Sebagai kesimpulan, masalah adalah suatu persoalan yang tidak mendapat titik temu antara satu dengan yang lain. Masalah tidak bisa kita hindari, karna setiap manusia akan mengalami masalah. Masalah juga kadang timbul akibat adanya perbedaan pendapat, sehingga perlu kita mencerna apa yang sedang terjadi di sekitaran kita, karna masalah dapat diselesaikan ketika mengyampingkan ego satu sama lain. Dalam menyelesaikan masalah ini bisa dilakukan dengan menjadi pemiilih yang cerdas, jujur dan adil, karena kemajuan bangsa itu berada pada diri kita sendiri. Ketika memilih calon pemilu, pilihlah yang betul-betul ingin bekerja untuk negara, bukan karna ada apanya.

Penulis : Ma’ruf Hasan, Mahasiswa Ilmu Politik, UIN Alauddin Makassar

Leave a Reply