Skip to toolbar

HMPWK UNIVERSITAS BOSOWA GELAR PLANOFACE 6.0

Makassar, Estetika – Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota (HMPWK) Universitas Bosowa menggelar Planoface 6.0 di Auditorium Aksa Mahmud Lantai 9 Gedung II Universitas Bosowa, Senin hingga Rabu (16-18/1).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai teknik dasar pra pembuatan peta melalui observasi, mengolah data lapangan, pembuatan peta, serta penggunaan drone dalam pemetaan.

Adapun beberapa item kegiatan, yaitu aksi lingkungan hidup, plano classroom, seminar nasional, desa binaan, serta malam puncak yang dirangkaikan dengan pameran.

Suasana saat berlangsungnya kegiatan Planoface 6.0 di Auditorium Aksa Mahmud Lantai 9, Gedung II Universitas Bosowa, Selasa (17/1). Foto: Dokumentasi pribadi.

Ketua Umum HMPWK, Michael Pabuntang, menuturkan bahwa melalui kegiatan ini peserta dapat menambah pengetahuan dan mengasah kemampuan dalam melakukan pemetaan.

“Peserta dapat menjadikan kesempatan ini sebagai ajang untuk mempertajam skill dalam pemetaan pada ranah jurusan,” tuturnya.

Di sisi lain, Koordinator Acara, Desy Natalia, menjelaskan bahwa rangkaian acara pelatihan terdiri dari pemberian materi dasar, melakukan survei, serta mengolah data.

“Kami memberikan materi dasar terkait arcgis, metode survei, melaksanakan survei lapangan, dan dilanjutkan dengan mengolah data survei,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa pengenalan dasar tentang drone akan dilaksanakan pada Rabu (18/1) sekaligus sebagai penutup pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari.

“Di hari terakhir kegiatan ini akan dilaksanakan pengenalan dasar tentang drone dan pelatihan pengoperasiannya,” terangnya.

Reporter: Risdayanti Ismail & Nur Intan Zahgita Hariadi

Leave a Reply