Skip to toolbar

HMPS ACCESS BAHAS SEPUTAR UKT DAN BKT DALAM ACCESS COOL

Makassar, Estetika – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Association of English Education Students (ACCESS) Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Access Contemporary Dialogue (ACCES COOL) via Zoom, Kamis (19/1).

Kegiatan yang mengusung tema “Mengenal Biaya Seputar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Biaya Kuliah Tunggal (BKT)” ini menghadirkan Andre Arisandy sebagai pemateri dan diikuti oleh 40 peserta.

Suasana saat berlangsungnya pemaparan materi oleh Andre Arisandy via Zoom, Kamis, (19/1). Foto: Tangkapan layar/Estetikapers.

Pemateri, Andre Arisandy, menjelaskan bahwa UKT merupakan biaya operasional yang dikeluarkan oleh mahasiswa pada setiap semester, sedangkan BKT adalah biaya yang berasal dari UKT dan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

“UKT itu biaya operasional yang dibayarkan oleh mahasiswa setiap semester, sedangkan BKT adalah biaya yang berasal dari UKT dan BOPTN,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa dalam rincian BKT seharusnya terdapat anggaran yang menunjang fasilitas kampus.

“Dalam BKT itu harus ada rincian untuk fasilitas,” tuturnya.

Di sisi lain, ia juga menjawab pertanyaan salah seorang peserta mengenai fasilitas kampus yang dijadikan sebagai unit usaha, namun mahasiswa sendiri yang menjadi target pasarnya.

“Komersialisasi pendidikan adalah ketika fasilitas kampus digunakan sebagai unit usaha dan mahasiswa yang menjadi pasarnya,” jawabnya.

Reporter: Annisyaputri S

Leave a Reply