Makassar, Estetika – Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) menghadirkan Joko Pinurbo sebagai pembicara dalam Kuliah Umum di Ruang Senat FBS, Jumat (9/6).

Kegiatan yang mengangkat tema “Strategi Mengolah Bahasa Menjadi Karya Sastra” ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa JBSI terkait karya sastra sehingga memudahkan mereka dalam menyusun tugas akhir.

Suasana saat berlangsungnya Kuliah Umum di Ruang Senat, Jumat (9/6). Foto: Armi Fadilah/Estetikapers.

Pembicara, Joko Pinurbo, menjelaskan bahwa seseorang perlu menghayati kata dan bahasa untuk menciptakan suatu karya sastra.

“Hayati kata dan bahasa, karena penulis bukan sekedar pengguna bahasa,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan ketidakpuasannya terhadap karya sastra yang diciptakan oleh teknologi karena hal tersebut tidak bisa menimbulkan perasaan mendalam bagi manusia saat membacanya.

“Saya tidak puas dengan karya buatan mesin yang tidak tertib, maka dari itu saya tidak gentar dengan mesin buatan,” ujarnya.

Di sisi lain, Dekan FBS, Anshari, berharap agar kuliah umum yang mengundang Joko Pinurbo sebagai pembicara ini dapat membantu mengembangkan wawasan peserta dalam menciptakan karya sastra.

“Semoga kehadiran Pak Joko dapat menambah wawasan bagi kita dalam membuat karya sastra,” harapnya.

Reporter: Veronika Rini Pala’langan & Armi Fadillah (Magang)