Kabar Kampus

TEATER MATECOLLI BESTRA TAMPILKAN TRADISI DAN AGAMA YANG BERBENTURAN

Makassar, Estetika – Bengkel Sastra (Bestra) Dewan Mahasiswa (DEMA) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) mementaskan teater “Matecolli” pada Denting IV, di Hall A.P. Pettarani UNM, Sabtu (11/3).

Merupakan karya Erwan Saing, teater ini dipilih untuk ditampilkan sebagai simbol dalam menyampaikan pesan kemanusiaan dengan memberikan gambaran tentang tradisi dan agama yang saling berbenturan di tengah masyarakat.

Penampilan teater “Matecolli” ini diperankan oleh enam aktor, Muhammad Hidayat, Andi Rian, Taufik, Muh. Saenal A., Yusril Syarif, Rostan Yuniardi serta empat aktris, yakni Suci Ramadhani, Masita Dewi, Nurfadila Antika, dan Nunung.

Suasana saat berlangsungnya Denting di Hall A.P. Pettarani UNM, Sabtu (11/3). Foto: Muhammad Fikri Haikal/Estetikapers.

Sutradara, Erwan Saing, menjelaskan bahwa alasan memilih naskah berjudul “Matecolli” ini karena menarik untuk kemanusian.

Erwan juga mengatakan teater ini terlaksana dengan baik dan sesuai harapan.

“Tentang tradisi uang panaik dan sebagainya yang sering kali berbenturan dengan agama, yang kemudian dari proses cinta yang saya pake untuk membungkus hal tersebut, ini menarik untuk kemanusian”, jelasnya.

Di sisi lain, salah seorang penampil teater, Andi Rian, mengungkapkan bahwa tidak memiliki kesulitan dalam memerankan karakternya.

“Dalam penggarapan teater ini lancar-lancar saja, tidak ada kendala” ungkapnya.

Reporter: Inka Indiarti R. & Muhammad Fikri Haikal

Related posts

ELTIM ADAKAN T2IM SEBAGAI LANGKAH AWAL PENGADERAN CALON PENGURUS

Editor Estetika
February 15, 2021

SHARING KARYA TERAKHIR BESTRA: FORUM APRESIASI PENTING UNTUK DIGALAKKAN

LPM Estetika FBS UNM
September 29, 2017

IKBIM ADAKAN HUMANIST ACTION JELANG PERAYAAN SATU DEKADE

Editor Estetika
June 21, 2021
Exit mobile version