Lewat ke baris perkakas

WEBINAR NASIONAL HMPS ARSY ANGKAT TOPIK PEMAHAMAN MAKNA DALAM AL-QUR’AN

Makassar, Estetika – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) ‘Arsy Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Jurusan Bahasa Asing (JBA) Fakultas Bahasa Dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Kajian Bahasa Arab Al-Qur’an via Zoom dan Youtube, Rabu (23/6).

Mengangkat “Pemahaman Makna dalam Al-Qur’an” sebagai topik, kegiatan ini dibuka oleh Muh. Bachtiar Syamsuddin selaku Pembina HMJ PBA Arsy UNM serta menghadirkan tiga pemateri, yakni Khairuddin, Fatkhul Ulum, dan Muhammad Quwwatul.

Narasumber, Muhammad Quwwatul Islam, menjelaskan bahwa mempelajari tafsir memiliki manfaat untuk memudahkan seseorang dalam memahami makna yang dijelaskan pada Al-Qur’an.

“Banyak di dalam Al-Qur’an yang sulit dimengerti konteks maknanya, maka dari itu pentingnya belajar tafsir karena makna Al-Qur’an sangat luas bagai lautan tak bertepi,” jelasnya.

Di sisi lain, Narasumber lainnya, Fatkhul Ulum, menegaskan bahwa ilmu balaghah adalah salah satu hal penting untuk dipelajari agar setiap umat muslim yang membaca Al-Qur’an mampu meningkatkan pemahaman dalam melafadzkan ayat-ayat suci Allah.

“Dengan ilmu balaghah kita bisa memahami pengungkapan fasih mudah dilafadzkan, meskipun lafadznya singkat tetapi manusia mampu memahami isi Al-Qur’an,” tegasnya.

Di sisi lain, Moderator, Ruhul Qudus, berharap agar ke depannya kajian bahasa Arab Al-quran tentang ilmu balaghah lebih sering diadakan.

“Mengenai ilmu balaghah minim sekali pembahasan dan diwebinarkan bahkan ini webinar pertama untuk materi tersebut. Kita perlu mengadakan kajian-kajian seperti ini,” harapnya.

Reporter: AM 1 & AM 3 Estetika
Editor: Rada Dhe Anggel

Tinggalkan Balasan