Lewat ke baris perkakas

SIAPKAN DIRI HADAPI UTBK DENGAN LAKUKAN ENAM TIPS INI

Tips, Estetika – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan salah satu jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ditempuh melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Pelaksanaan UTBK yang dibagi menjadi dua gelombang ini merupakan tes yang cukup ketat karena pesertanya bukan hanya dari kalangan pelajar SMA, namun alumni juga ikut serta untuk merebut kursi di perguruan tinggi. Selain itu, level soal yang berbeda dengan pelajaran sekolah jadi tantangan yang harus Sahabat Estetika hadapi.

Dikutip dari dikti.kemdikbud.go.id, Pada tahun 2021 lalu, peserta UTBK mencapai lebih dari 770 ribu orang dan hanya sekitar 180 ribu peserta yang dinyatakan lolos. Oleh karena itu, Sahabat Estetika perlu mempersiapkan diri dengan matang agar bisa diterima di PTN impian. Nah, berikut beberapa tips yang dapat Sahabat lakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi UTBK.

1. Percaya Diri

Sumber: Penabicara.com

Sebelum waktu UTBK tiba, pasti banyak di antara Sahabat yang sudah overthinking duluan dan tidak percaya diri, bukan? Tindakan yang Sahabat lakukan itu hanya akan membuang waktu untuk memikirkan kegagalan dibanding keberhasilan.

Dilansir dari kampus.republika.co.id, faktor pertama keberhasilan UTBK adalah percaya diri. Keyakinan diri Sahabat itu tentu sangat penting karena akan menjadi motivasi untuk berusaha lebih giat dan fokus dengan apa yang ingin diraih.

2. Membuat Jadwal atau Rencana Belajar

Sumber: Blog.bibit.com

Waktu ujian yang semakin dekat mengharuskan Sahabat menentukan waktu belajar dengan tepat. Diketahui jika jumlah soal yang diujikan pada UTBK terdapat sebanyak 120 soal dan durasi pengerjaan selama 195 menit. Itu artinya, sistem kebut semalam bukan lah keputusan yang tepat.

Untuk itu, sikap konsisten diperlukan dalam menerapkan jadwal belajar. Hal ini penting untuk diterapkan karena tidak ada gunanya membuat jadwal jika Sahabat malas untuk melakukannya.

3. Mencari Materi UTBK

Tidak ikut bimbingan belajar? bukan masalah besar, kok! Sahabat harus tahu kalau sekarang sudah banyak materi UTBK yang disebar secara daring dan gratis.

YouTube merupakan salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk  mendapatkan materi UTBK. Beberapa channel rekomendasi yang menyediakan materi UTBK adalah Miracle Sitompul, Pak Franzz, Jerome Polin, dan masih banyak lagi. Selain YouTube, Sahabat juga bisa menemukan materi UTBK di akun Twitter @SBMPTNFESS. Di dalamnya banyak peserta UTBK yang sering membagikan materi, lho!.

4. Fokus Pada Materi yang Belum Dikuasai

Saat masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) Sahabat tentunya sudah mempelajari beberapa materi UTBK, bukan? Nah, jika Sahabat merasa sudah menguasai beberapa materi, maka Sahabat bisa fokus menekuni materi lain yang belum dikuasai.

5. Rajin Mengikuti Tryout

Setelah fokus mempelajari materi-materi UTBK, tak ada salahnya untuk mengikuti tryout. Selain untuk uji coba dengan sistem yang mirip dengan UTBK 2022, Sahabat bisa mengetahui sejauh mana pemahaman dan kelemahan terhadap materi yang akan diujikan.

6. Jaga Kondisi Fisik dan Kesehatan Mental

Belajar memang menjadi hal wajib, namun pikiran dan tubuh juga butuh istirahat. Sahabat tidak boleh memaksakan diri untuk terlalu banyak belajar karena akan mengakibatkan prose belajar tidak efektif. Sahabat harus makan secara teratur dan memberikan jeda yang cukup untuk beristirahat demi fisik yang sehat untuk menghadapi UTBK nanti.

Itulah enam tips untuk menghadapi UTBK yang bisa Sahabat terapkan dari sekarang. Tetap semangat dan jangan lupa berdoa, ya!

Penulis: AM 1 & AM 4 Estetika
Editor: Aulia Ulva

Tinggalkan Balasan