Lewat ke baris perkakas

LAKUKAN ENAM TIPS INI AGAR TETAP PRODUKTIF SELAMA PUASA

Tips, Estetika – Kurangnya asupan makanan dan minuman sering kali membuat seseorang merasa lemas dan malas melakukan aktivitas di bulan Ramadan. Hal ini tentunya sangat mengganggu fokus dan konsentrasi saat bekerja maupun berkegiatan sehari-hari.

Meskipun demikian, Sahabat Estetika perlu tahu bahwa berpuasa tidak bisa dijadikan alasan  untuk meninggalkan tanggung jawab. Momen seperti ini justru harus dimanfaatkan untuk tetap produktif dalam hal menyelesaikan pekerjaan sehari-hari atau ibadah agar mendapatkan pahala yang berlipat. Nah, kali ini Reporter Estetika berhasil merangkum sederet tips agar tetap produktif selama berpuasa.

1. Membuat Rencana Kegiatan

Foto: Templateroller.com

Kunci agar berjalannya kegiatan selama bulan Ramadan adalah membuat rencana kegiatan atau activity plan. Rencana kegiatan ini berisi susunan agenda yang akan Sahabat kerjakan, seperti olahraga, belajar, membersihkan rumah, ngabuburit, dan lain-lain. Sahabat bisa menulisnya di selembar kertas ataupun note pada smartphone dengan menyertakan tujuan tertentu yang ingin dicapai di hari atau bulan itu.

2. Hindari Tidur Setelah Subuh

Foto: Kalam.sindonews.com

Meski dikatakan bahwa tidur adalah salah satu bentuk ibadah, namun alangkah baiknya jika Sahabat menghindari tidur setelah subuh. Secara medis, tidur setelah subuh atau setelah sahur tidak baik untuk kesehatan karena saat itu adalah waktu untuk tubuh mulai melakukan metabolisme dan pemanasan. Ibarat kendaraan, jika Sahabat tertidur pemanasan tidak bisa dilakukan. Selain itu, ketika Sahabat terbangun pada jam 7 atau jam 8 pagi, badan akan terasa masih lemas dan kurang bersemangat untuk beraktivitas.     

3. Lakukan Olahraga Ringan

Foto: ScoopWhoop

Daripada tidur setelah subuh, Sahabat lebih baik melakukan olahraga ringan untuk membantu tubuh tetap segar. Lakukanlah olahraga ringan seperti yoga, jogging, dan peregangan otot. Selain meningkatkan energi, olahraga yang dilakukan secara rutin juga dapat menjaga imun agar tidak mudah sakit.

4. Istirahat yang Cukup

Foto: Agmmedica.com

Setelah melakukan berbagai kegiatan, tentunya tubuh memerlukan istirahat. Tidak ada yang salah dengan merasa lelah dan tidak menyelesaikan jumlah pekerjaan yang sama seperti hari biasanya. Bersikaplah realistis dengan diri sendiri namun jangan sampai melalaikan kewajiban. Selain tidur, Sahabat juga bisa menggunakan waktu istirahat dengan jalan-jalan sambil menghirup udara segar untuk menenangkan diri.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Foto: Kenanga.info

Selain istirahat yang cukup, Sahabat perlu mengonsumsi makanan yang sehat karena itu sangat penting bagi pencernaan tubuh. Estetika menyarankan Sahabat untuk mengonsumsi buah pir karena buah ini mengandung banyak serat yang dapat menahan rasa lapar lebih lama. Selain itu, kandungan serat dalam buah pir juga dapat meningkatkan kesehatan usus, sehingga proses pencernaan Sahabat akan bekerja dengan lancar.

6. Hindari Begadang

Foto: Sukabumiupdate.com

Pada malam hari, usahakan semua kegiatan sudah selesai sehingga tidak ada lagi alasan untuk begadang. Dilansir dari alodokter.com, begadang dapat mengurangi daya nalar dan konsentrasi sehingga sulit untuk fokus pada suatu hal. Selain tidak baik untuk kesehatan, begadang juga berisiko mengganggu kegiatan Sahabat pada esok hari, sebab stamina tubuh perlu dijaga untuk tetap produktif.

Nah, itulah beberapa tips agar tetap produktif selama puasa. Pastikan Sahabat menerapkannya agar tidak menyesal di kemudian hari. Semoga bermanfaat!

Penulis: Uswatun Hasanah

Editor: Ahmad Ardiansyah

Tinggalkan Balasan