LPM PENALARAN UNM SELENGGARAKAN SEMINAR HASIL PENELITIAN LEMBAGA

Rilis, Estetika – Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) menyelenggarakan Seminar Hasil Penelitian Lembaga via Zoom, Jumat (14/1).

Berawal dari keresahan peneliti melihat limbah kulit kacang maupun serbuk gergaji yang ada di Kabupaten Barru yang tidak dimanfaatkan padahal memiliki peluang besar, seminar ini mengangkat penelitian dengan judul Pertumbuhan dan Produktivitas Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) pada Variasi Komposisi Media Tanam Kulit Kacang Tanah (Arachis hypogea) dan Serbuk Gergaji.

Suasana saat berlangsungnya Seminar Hasil Penelitian Lembaga LPM Penalaran UNM via Zoom, Jumat (14/1). Foto: dokumen pribadi.

Ketua Umum LPM Penalaran UNM, Nopri Hidayat, menuturkan rasa syukurnya karena seminar hasil penelitian tetap dapat dilaksanakan pada bulan Januari.

“Sangat bersyukur di bulan Januari ini kita tetap bisa melaksanakan seminar hasil penelitian,” tuturnya.

Di sisi lain, Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) LPM Penalaran UNM, Marianna Renata, berpesan kepada tim peneliti untuk menyempurnakan penelitiannya sesuai dengan masukan ahli agar nantinya dapat dipublikasikan dan menjadi acuan bagi masyarakat dalam memanfaatkan limbah kulit kacang dan gergaji sebagai media tanam.

“Segera diperbaiki untuk kekurangan dari masukan-masukan penanggap ahli dan dilanjutkan dengan publikasi ilmiah agar kiranya bisa menjadi referensi bagi masyarakat dalam membuat media tanam dengan memanfaatkan limbah kulit kacang dan gergaji,” ujarnya.

Rilis: LPM Penalaran UNM

Leave a Reply

Skip to toolbar