WD II FBS UNM JELASKAN SYARAT DAN TATA CARA PENGAJUAN PENINJAUAN UKT

Makassar, Estetika – Wakil Dekan Bidang Keuangan (WD II) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) memberikan informasi mengenai tata cara pengajuan peninjauan Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa, Jumat (7/1).

Sejalan dengan terbukanya jadwal pembayaran UKT, tidak sedikit mahasiswa yang mempertanyakan kejelasan alur pengajuan peninjauan UKT semester genap.

Adapun syarat dan ketentuan untuk peninjauan UKT masih merujuk pada persyaratan semester sebelumnya, yaitu:

  1. Mahasiswa mengambil mata kuliah kurang atau sama dengan enam Satuan Kredit Semester (SKS) di luar mata kuliah Skripsi/Tugas Akhir pada Semester sembilan bagi mahasiswa program sarjana dan program diploma empat/sarjana terapan atau semester tujuh bagi mahasiswa program diploma tiga, maka mahasiswa membayar 50% dari besaran UKT terakhir.
  2. Mahasiswa sedang cuti kuliah atau telah menyelesaikan seluruh pembelajaran, namun tersisa hanya Skripsi/Tugas Akhir, dibebaskan dari kewajiban membayar UKT.
    3.Terdapat penurunan kemampuan ekonomi orang tua, atau pihak yang membiayai mahasiswa.

Bagi Sahabat Estetika yang ingin mengurus penyesuaian/peninjauan UKT dapat melengkapi berkas sebagai berikut:

  1. Mengajukan surat permohonan Peninjauan/ Penetapan ulang UKT semester genap 2021/2022.
  2. Mengumpulkan berkas yang terlampir di dalam surat permohonan seperti:
    a. Fotokopi bukti pembayaran UKT terakhir; 
    b. Fotokopi Kartu Keluarga;
    c. Fotokopi legalisir bukti pembayaran gaji bagi pegawai/karyawan atau surat keterangan penghasilan orang tua/wali dari kepala desa/lurah (bukan surat keterangan tidak mampu);
    d. Surat keterangan yang relevan (surat keterangan sakit/surat keterangan PHK/surat keterangan yang relevan) dari orang tua/wali yang membiayai mahasiswa.

WD II FBS UNM, Muhammad Saleh, mengungkapkan bahwa mahasiswa dapat mengurus pengajuan peninjauan UKT kapan saja selama semester berlangsung.

“Proses peninjauan UKT ini terus berjalan sepanjang semester, misalnya ketika orang tua mahasiswa telah meninggal dunia, maka dapat langsung mengajukan peninjauan UKT,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan mekanisme pengajuan peninjauan UKT dengan mengumpulkan berkas secara langsung dan tidak diwakili.

“Tidak perlu diwakili, yang bersangkutan dapat langsung datang dan mengumpulkan berkas peninjauan UKT,” tuturnya.

Reporter: Alvira Damayanti dan St. Fatimah

Leave a Reply

Skip to toolbar