HIMANIS FIS-H UNM ADAKAN NATIONAL BUSINESS PLAN COMPETITION

Makassar, Estetika – Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis (Himanis) Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan National Business Plan Competition secara blanded di LPMP Provinsi Sulawesi Selatan dan via Zoom, Sabtu (20/11).

Kegiatan yang mengusung tema “Digital Native: Involvement in Building Indonesia’s Economic Strength” ini bertujuan untuk mewadahi mahasiswa seluruh Indonesia dalam menyalurkan inovasi terkait usaha bisnis melalui proposal.

Adapun beberapa judul dari finalis yang masuk ke sepuluh besar, yaitu tim Kanaka dari Universitas Udayana dengan judul Cemcem.In, tim Pakarians dari Institut Teknologi Bandung dengan judul Wana Pakar, tim Black Soul dari Universitas Indonesia dengan judul Berdikari, tim Dario dari Universitas Sebelas Maret dengan judul Sayurin, tim Aidan dari Politeknik Negeri Batam.

Sementara judul lainnya, yaitu tim Malenta dari Universitas Jember dengan judul Malenta, tim Gammara dari Universitas Hasanuddin dengan judul Gammara Plast, tim Femme Reussie dari Universitas Gadjah Mada dengan judul Creativa-ion, tim Mahesiswa dari Universitas Siliwangi dengan judul Vition, dan tim Undrips dari Universitas Diponegoro dengan judul Job Mate.

Suasana saat berlangsungnya presentasi para peserta via Zoom, Sabtu (20/11). Foto: Dokumentasi pribadi

Salah seorang peserta National Business Plan Competition, Nismara Paramayoga, menjelaskan alasan mengangkat judul yang diambilnya karena ingin menjadikan digital social enterprise sebagai penghubung bagi BUMDesa.

“Judul yang kami angkat dalam kegiatan ini yaitu Berdikari: Connecting the Gap, karena ingin membangun sebuah digital social enterprise sebagai penghubung bagi BUMDesa yang masih memiliki kendala dalam akses permodalan, SDM, dan operasional bisnis,” jelasnya.

Di sisi lain, Ketua Panitia, Muh. Farid Hidayat, menuturkan ada tiga tahap dalam kegiatan ini yaitu Business Model Canvas (BMC), full paper, dan presentasi finalis sepuluh besar.

“Para peserta National Business Plan Competition akan melewati tahap BMC, full paper, dan presentasi finalis sepuluh besar,” tuturnya.

Reporter: Aslinda Liling Payung & Uswatun Hasanah

Leave a Reply

Skip to toolbar