MAHASISWA SOSIOLOGI UNHAS LAKUKAN STUDI LAPANG

Rilis, Estetika– Sebanyak 65 mahasiswa Sosiologi program sarjana Universitas Hasanuddin melakukan studi lapang di Kabupaten Bone, Kecamatan Lappariaja. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari, terhitung mulai tanggal 19 sampai 21 November 2021.

Mahasiswa akan meneliti dan mengkaji berbagai aspek kegiatan masyarakat pedesaan. Sebelumnya peserta telah dibagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan tema yang ditentukan dan didiskusikan di kelas.

Kegiatan ini didampingi secara langsung oleh pengampu mata  kuliah, yakni Sakaria To Anwar dan Andi Muhammad Sabiq. Kedua penulis buku yang terbilang produktif tersebut menginisiasi studi lapang sebagai tindak lanjut mata kuliah Sosiologi Pedesaan.

Sakaria To Anwar, selaku koordinator mata kuliah dan ketua rombongan mengharapkan mahasiswa dapat berkreasi di lapangan dengan bekal materi yang sudah di dapatkan di kampus.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mempertajam analisa mereka terkait data dan fakta dengan teori yang sudah diberikan” ungkap Dosen yang akrab di panggil Pak Jack oleh mahasiswanya.

Selain itu, Andi Muhammad Sabiq, yang juga selaku pengampu mata kuliah mengemukakan bahwa hasil studi lapangan ini akan diolah secara sistematis dan dipublikasikan dalam jurnal nasional.

“Studi lapang mahasiswa akan kami dampingi hingga dapat terpublikasikan dalam bentuk jurnal,” ujar dosen lulusan Cairo tersebut.

Kedua sosiolog tersebut bersepakat bahwa dalam mempelajari masyarakat melalui pendekatan ilmu sosiologi, tidak cukup hanya dilakukan dalam kelas namun harus juga di lapangan.

Rilis: Mahasiswa Sosiologi UNHAS

Leave a Reply

Skip to toolbar