DEBAT KANDIDAT CALON PRESIDEN BEM FBS UNM PERIODE 2021-2022

Parangtambung, Estetika – Pemaparan Visi dan Misi calon Ketua Umum Majelis Permusyarawatan Mahasiswa (Maperwa) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) dan debat kandidat calon Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FBS UNM periode 2021-2022 di Ruang Senat FBS UNM, Selasa (16/4).

Kegiatan yang mengusung tema “Menyalaraskan Keragaman demi Menyokong LK FBS” ini dihadiri oleh Presiden BEM FBS UNM, ketua umum Maperwa, fungsionaris Lembaga Kemahasiswa (LK) FBS UNM, serta masyarakat FBS UNM.

Adapun misi dan visi dari kandidat tunggal calon ketua umum Maperwa Muh. Ikram Ikbatullah yang merupakan delegasi dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa Inggris yaitu:

Visi
Mewujudkan idealitas Maperwa FBS UNM sebagai wadah yang dapat menampung segala aspirasi dari masyarakat FBS UNM guna menjaga marwah FBS SATU.

Misi

  1. Membangun sinergitas antar teman-teman pengurus yang dimana sebagai representative dari lembaga yang mengutus;
  2. membuka akses Maperwa FBS UNM untuk seluruh masyarakat FBS UNM agar kiranya saran dan kritik yang bersifat membangun dapat tersampaikan secara lansung;
  3. membangun sinergitas antar pengurus BEM FBS UNM sebagai lembaga eksekutif induk di FBS UNM agar aspirasi masyarakat FBS UNM dapat segera terealisasi.

Sementara itu, kedua kandidat calon Presiden BEM FBS UNM nomor urut satu, Adrian Hidayat yang merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah turut memaparkan visi dan misinya.

Visi
Dekonstruksi lembaga dengan konsep internalisasi dengan mengedepankan buku, cinta, diskusi dan demonstrasi demi mengembalikan fbs dalam konsensus dari makna Satu.

Misi

  1. Mengedepankan tata nilai guna dalam setiap perjalanan kelembagaan;
  2. menciptakan iklim kemerdekaan berpikir bagi setiap mahasiswa FBS;
  3. pemahaman struktur dan juga culture yang ada di FBS.

Di samping itu, kandidat calon Presiden BEM FBS UNM nomor urut dua, Syahril yang merupakan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris juga memaparkan visi dan misinya.

Visi
Meningkatkan Produktifitas Kebudayaan Lembaga Kemahasiswaan yang Sinergisitas dan Beragam.

Misi

  1. Menjadikan lembaga sebagai mediator nahasiswa terhadap pimpinan kampus yang sinergisitas;
  2. memasifkan pola koordinasi dan pola hubungan yang I
    Intens terhadap LK, khususnya biro dan ketiga lembaga tingkat jurusan yang ada pada lingkup FBS;
  3. turut memperhatikan dan mendukung setiap program tingkat prodi.

Dalam closing statement-nya, calon ketua Maperwa, Muh. Ikram Ikhbatullah, mengatakan bahwa semoga kita tetap dalam satu lingkaran yang sama dan senantiasa senada.

“Semoga ada dukungan dari keluarga besar FBS UNM, saya tidak pernah merasa cukup jadi kemungkinan saya akan datang kepada kakak-kakak untuk meminta saran, mohon diterima dan semoga kita tetap dalam lingkaran bersama dan senantiasa senada,” ujarnya.

Di sisi lain, Kandidat calon nomor urut satu, Adrian Hidayat menjawab pertanyaan Presiden BEM FBS UNM, Amastasha mengenai bagaimana calon presiden BEM menyikapi kasus kekerasan seksual ke depannya.

Semua orang tidak suka dan mengecam kasus kekerasan seksual, sesuai dengan Undang-undang (UU) hukum pidana KUHP, UU No. 23 Tahun 2002 bahwa kekerasan seksual sangat dilindungi oleh negara dan dalam perlindungan anak, tetapi perlu digaris bawahi kita harus fokus pada bagaimana kita mengetahui konsep kekerasan seksual dan bagaimana kita mengerti apa yang dimaksud dengan kekerasan seksual,” ungkapnya.

Sementara itu, kandidat calon Presiden BEM nomor urut dua, Syahril, mengungkapkan bahwa kita harus mengetahui apa itu kekerasan seksual dan bagaimana konsep kekerasan seksual.

“Untuk menyikapi kasus kekerasan seksual menurut pandangan saya, sesuai dengan permendikbud no.30 tahun 2021. Bagaimana LK FBS bisa mendesak pimpinan fakultas maupun pimpinan universitas untuk bisa menghadirkan satuan tugas atau Satgas sebagai upaya pencegahan kasus kekerasan seksual,” jelasnya.

Reporter: Nurfitri Anugrah & Cindy Miwi Lestari

Leave a Reply

Skip to toolbar