GEMA TOLAK PTN BH, ALIANSI MAHASISWA UNM GELAR AKSI KAMPANYE

Makassar, Estetika – Aliansi Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar aksi Kampanye di jalan Andi Pangeran Pettarani, Makassar, Kamis (16/9).

Aksi yang digelar oleh Aliansi Mahasiswa UNM ini dihadiri oleh lima fakultas di UNM yaitu Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), dan Fakultas Ekonomi (FE).

Adapun aksi ini bertujuan untuk menuntut pihak universitas agar menolak perubahan status UNM yang sebelumnya merupakan Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Badan Hukum (BH).

Pada aksi kampanye ini Aliansi Mahasiswa juga mengkampanyekan beberapa isu turunan yaitu:

  1. UNM belum layak menyandang PTN BH.
  2. Transparansi anggaran Covid-19, RKAKL, Unit cast, RAB, dan LPJ tahunan.
  3. Memperjelas bantuan UKT dari Kemendikbudristek.
  4. Memperjelas mekanisme bantuan kuota Kemendikbudristek.
  5. Revisi peraturan kemahasiswaan.
  6. Sarpras yang tidak layak.
Aksi mahasiswa turun ke jalan membawa petaka dan spanduk di depan Kampus Phinisi UNM ,Kamis (16/9). Foto: A. Nur Ismi

Ketua Umum Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) FMIPA, Ahmad Fahrezi Diab, menyampaikan bahwa UNM belum siap untuk menyandang status PTN BH karena ada banyak hal yang perlu dituntaskan, termasuk sarana dan prasarana.

“Kami ingin menyampaikan bahwa UNM belum siap untuk menyandang status PTN BH karena masih banyak hal-hal yang perlu dituntaskan, seperti sarana dan prasarana serta hal-hal yang menunjang akademik mahasiswa,” ucapnya.

Di samping itu, ia menuturkan bahwa jika UNM menyandang PTN BH maka SOP otomatis berubah menjadi PTN BH.

“Menurut saya, dampak terburuk jika UNM menyandang PTN BH adalah pemerataan di UNM tidak akan berjalan maksimal sebab akan ada fokus tertentu yang dikejar ketika UNM telah menyandang status BH. Selain itu, SOP universitas juga akan berubah yang awalnya dari PTN BLU menjadi PTN BH,” tuturnya

Di sisi lain, Jenderal Lapangan, Sulham, mengungkapkan bahwa isu perubahan status UNM sedang diperiksa oleh kementerian.

“Isu ini merupakan isu yang sedang hangat di perbincangkan di UNM sebab saat ini berkas terkait perubahan status UNM menjadi PTN BH sudah dilayangkan ke kementerian dan saat ini sudah diperiksa,” ungkapnya.

Reporter: A. Nurismi & Alvira Damayanti

Leave a Reply

Skip to toolbar