HARI KEDUA SMS, HMPS SASINDO ADAKAN KELAS SASTRA GUNA KEMBANGKAN MINAT LITERASI

Bulukumba, Estetika – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bahasa dan Sastra Indonesia (SASINDO) Dewan Mahasiswa (DEMA) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Kelas Sastra dalam kegiatan Sastra Masuk Sekolah (SMS) di SMAN 18 Bulukumba, Selasa (2-3/8).

Kegiatan yang terdiri dari kelas prosa, puisi dan drama ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan literasi sekaligus menyosialisasikan Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Indonesia kepada siswa SMAN 18 Bulukumba

Kelas ini juga menghadirkan menghadirkan Zulhijjah & Jusiman Dessirua sebagai narasumber kelas puisi dan Novan Arisandi & Hardiansyah H. Bogodad sebagai narasumber kelas drama. Adapun kelas prosa dibawakan oleh Muh. Muchtasim & Sadriah yang dilaksanakan kemarin, Senin (2/8).

Suasana saat berlangsungnya kelas puisi di SMAN 18 Bulukumba, Selasa (3/8). Foto: Nurfadila Antika/Estetikapers.

Pemateri kelas puisi, Zulhijjah, mengatakan bahwa penciptaan puisi harus mengutamakan gaya bahasa, pemilihan diksi, imajinasi dan amanat di dalamnya.

“Dalam menciptakan karya sastra berupa puisi yang harus diutamakan adalah gaya bahasa pemilihan diksi, proses imajinasi, dan amanat apa yang terkandung dalam puisi tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, pemateri kelas drama, Hardiansyah H. Bogodad, menjelaskan bahwa dalam pembuatan drama disusun oleh dua unsur pembangun dan dalam drama harus memiliki konflik menarik.

“Drama tersusun atas dua unsur yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik diantaranya adalah lakon, dapat dikatakan bahwa drama tanpa konflik atau lakon itu kurang menarik,” jelasnya.

Reporter: Ismawati & Nurfadila Antika

Leave a Reply

Skip to toolbar