SEBANYAK 635 MAHASISWA UNM LOLOS PERTUKARAN PELAJAR, AKAN DILAKSANAKAN SECARA DARING

Makassar, Estetika – Sebanyak 635 mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil lolos dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebagai peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dalam negeri, Jumat (30/7).

Peserta yang lolos PMM sampai saat ini memiliki berbagai pertanyaan yang dilayangkan di media sosial, antara lain, apakah program PMM ini dilaksanakan secara daring, kapan mahasiswa yang lolos PMM bisa melakukan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), dan lain-lain.

Melihat hal tersebut, Reporter LPM Estetika berinisiatif melakukan Wawancara Khusus (Wansus) bersama TIM MBKM UNM, Sultan Habnur via WhatsApp, Selasa (30/1). Berikut uraian hasil wawancaranya.

Bagaimana dengan sistem pembayaran dan pembiayaan PMM, apakah akan secara otomatis masuk ke rekening masing-masing mahasiswa?

Iya, langsung masuk di rekening mahasiswa. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan mengisi nomor rekening di akunnya masing-masing.

Apakah mahasiswa harus memprogram 20 SKS di PMM?

Tidak harus, mahasiswa menyesuaikan dengan kebutuhan SKS maksimal 20 SKS untuk PMM.

Bagaimana jika pada PT penerima tidak terdapat prodi yang selaras dengan program studi (prodi) asal? Contohnya, di Universitas Brawijaya (UB) tidak terdapat Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia (BSI), sedangkan mahasiswa terkait adalah mahasiswa BSI?

Nanti akan dikoordinasikan oleh Person in Charge (PIC) dengan melihat kembali Mata Kuliah (Matkul) dan menunggu arahan kementerian, karena bisa saja dilakukan relokalisasi PT.

Bagaimana syarat/sistem luar jaringan (luring) dan dalam jairingan (daring) PMM?

Syarat sistem luring berlangsung jika kondisi pandemi membaik dan menunggu arahan kementerian untuk mobilisasi. Namun karena masih pandemi sehingga nanti akan full daring di LMS masing-masing Perguruan Tinggi (PT) sambil menunggu kondisi membaik untuk mobilisasi peserta.

Bagaimana langkah awal yang harus dilakukan oleh mahasiswa yang lulus di PT tujuan?

Menghubungi Person in Charge (PIC) dan bergabung pada grup yang telah dibuat agar mahasiswa mendapatkan informasi terpusat.

Bagaimana sistem pembelajaran sementara ini, apakah akan luring atau full daring?

Sementara ini akan full daring.

Kapan mahasiswa yang lolos PMM bisa melakukan pengisian KRS?

Mahasiswa yang lolos PMM bisa melakukan pengisian KRS setelah dilakukan serah terima Ketua Prodi (Kaprodi) atau setelah pembekalan UNM.

Apakah sudah ada tanggal yang ditetapkan untuk pembekalan oleh UNM?

Sedang disiapkan dalam waktu dekat, nanti akan disampaikan setelah fix.

Bagaimana harapan Bapak terhadap mahasiswa yang lolos program PMM ini?

Saya sangat berharap kesempatan yang langka ini bisa digunakan dan dimaksimalkan. Kesempatan yang jarang dan tidak semua mahasiswa bisa memperolehnya, apalagi difasilitasi oleh pemerintah. Mahasiswa harus berani keluar dari zona nyaman, berani menerima tantangan, dan membuka diri dengan melihat dunia luar kita.

Reporter: Milka Adriani & Uswatun Hasanah

Leave a Reply

Skip to toolbar