LDF SCRN FIP UNM ADAKAN WEBINAR NASIONAL BAHAS PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Makassar, Estetika – Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Study Club Raudhatun Ni’mah (SCRN) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Webinar Pendidikan Nasional via Zoom, Minggu (21/3).

Kegiatan yang mengangkat tema “Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an” ini dibuka secara resmi oleh Dekan FIP, Abdul Saman, serta menghadirkan dua pemateri, yakni Hilmi Firdausi sebagai pemateri “Paradigma dan Konsep Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an” dan Muhammad Fakhrurrazi Anshar sebagai pemateri “Al-Qur’an sebagai Solusi Problematika Pendidikan”.

Pemateri pertama, Hilmi Firdaus, mengungkapkan bahwa pendidikan Islam dalam Al-Qur’an memiliki empat tujuan utama.

“Tujuan pendidikan dalam Al-Qur’an adalah untuk membentuk pribadi yang islami, menjadikan setiap orang menguasai ilmu agamanya sebelum ilmu dunia, menjadikan orang-orang yang ahli dalam bidangnya, serta mempunyai jiwa kepemimpinan,” ungkapnya.

Di sisi lain, pemateri kedua, Muhammad Fakhrurrazi Anshar, menjelaskan tiga poin penting bagaimana Al-Qur’an itu berperan sebagai solusi dalam problematika pendidikan dan kehidupan.

“Al-Qur’an memiliki tiga peran sebagai solusi dalam problematika pendidikan dan kehidupan, yakni sebagai petunjuk sehingga akan menjadi solusi untuk segala problematika hidup, sebagai obat, dan yang terakhir sebagai kebiasaan,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia memberikan tips agar Al-Qur’an bisa dijadikan sebagai kebiasaan hidup.

“Al-Qur’an sendiri bisa dijadikan sebagai kebiasaan hidup, yakni dengan membuat jadwal prioritas membaca Al-Qur’an, mempunyai guru dan target menghapal, serta dengan bergaul di lingkungan yang baik,” tuturnya.

Reporter: Nurun Annisa KH. & Siti Anisya

Leave a Reply

Skip to toolbar