ELTIM GELAR KAJIAN KONTEMPORER: PEREMPUAN DAN KEKERASAN SEKSUAL

Makassar, Estetika – Biro Kegiatan Mahasiswa Fakultas (BKMF) Lembaga Transformasi Intelektual Mahasiswa (eLTIM) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Kajian Kontemporer via Zoom, Senin (15/03).

Kegiatan yang mengusung tema “Perempuan dan Kekerasan Seksual” menghadirkan Melisa Ervina Anwar selaku Staf Divisi Perempuan, Anak dan Disabilitas LBH Makassar dan Mega S. Haruna selaku Pustakawan Katakerja sebagai pemateri dan diikuti oleh 33 peserta.

Pemateri pertama, Melisa Ervina Anwar, menjelaskan bahwa perempuan yang mengalami kekerasan seksual perlu diberikan pendampingan secara hukum.

“Negara seharusnya ada sebagai penolong dan memberikan pendampingan secara hukum untuk korban kekerasan seksual. Dan yang paling penting selalu berhati-hati karena tidak ada orang yang berhak menyentuh tubuh kita,” jelasnya.

Disisi lain, Pemateri kedua, Mega S. Haruna, mengungkapkan bahwa perempuan dari segi gender sudah diberikan peran, tempat, posisi serta fungsi sejak lahir.

“Figur perempuan ditentukan dari segi peradaban, maka dari itu muncullah (choice and change), pilihan dan perubahan. Ini semua termasuk pilihan individu masing-masing,” ungkapnya.

Reporter: Innayatul Huda & Nurliana

Leave a Reply

Skip to toolbar