KOMBAT UNM ADAKAN WORKSHOP DEBATING 101, PEMATERI: DEBATER HARUS BERPIKIR KRITIS

Makassar, Estetika – Komunitas Debat (Kombat) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Workshop Debating 101 secara daring via Zoom, Sabtu (13/2).

Kegiatan yang mengusung tema “Membentuk Generasi Kritis yang Kompetitif di Era Pandemi” ini dihadiri oleh 72 partisipan dan dilaksanakan selama dua hari (13-14/2).

Suasana berlangsungnya Workshop Kombat UNM Debating 101 via Zoom, Sabtu (13/2). Foto: Tangkapan Layar/Estetikapers.

Ketua Umum Kombat UNM, Dafirah Dwi Putri Daswan, mengungkapkan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan gambaran umum mengenai debat.

“Tujuan diselenggarakannya Workshop ini yaitu untuk memberikan gambaran umum mengenai debat dan memperkenalkan dunia debat kepada anggota baru Kombat,” ungkapnya.

Di sisi lain, Pemateri, Muhammad Iqbal Hidayat, menjelaskan bahwa debat merupakan kegiatan argumentasi yang bertujuan untuk menyampaikan pendapat.

“Debat ialah kegiatan argumentasi yang bertujuan untuk menyampaikan pendapat yang bertentangan dengan pendapat orang lain. Penyebab dari debat itu sendiri ialah karena adanya perbedaan pendapat oleh pihak-pihak yang meyakini pendapatnya merupakan suatu kebenaran,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa seorang debater harus bisa berpikir kritis.

“Seorang debater harus memiliki nalar berpikir kritis untuk dapat menganalisis suatu fakta, mempertahankan pendapat, membuat perbandingan, dan menarik kesimpulan,” jelasnya.

Reporter : Siti Aisyah Abdullah & Siti Anisya

Leave a Reply

Skip to toolbar