KULIAH UMUM PERDANA JBSI HADIRKAN KETUA UMUM ASOSIASI DOSEN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Makassar, Estetika – Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Kuliah Umum Perdana Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 secara daring via Zoom dan Live Youtube, Selasa (9/2).

Kuliah Umum Perdana yang mengusung tema “Pengembangan Kompetensi Berliterasi Mahasiswa Menyongsong Masyarakat 5.0” ini dihadiri oleh Dekan FBS, Dosen JBSI, dan mahasiswa aktif JBSI serta mengundang Muhammad Rohmadi selaku Ketua Umum Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai pemateri.

Suasana saat berlangsungnya Kuliah Umum Perdana Semester Genap JBSI, Selasa (9/2). Foto: Tangkapan Layar/Estetikapers.

Dekan FBS, Syukur Saud, menjelaskan jika literasi sudah diterapkan, apa saja dapat dikembangkan.

“Apa yang kita bicarakan hari ini, yaitu pengembangan kompetensi berliterasi mahasiswa menyonsong masyarakat 5.0 adalah suatu utusan di mana mahasiswa dikembangkan kompetensi mereka dalam berliterasi sehingga mereka tidak buta literasi karena kalau kita sudah berliterasi kita dapat mengembangkan apa saja, semua ilmu bisa masuk,” jelasnya.

Sementara itu, Pemateri Kuliah, Rohmadi, menerangkan perkembangan teknologi tidak dapat lepas dari literasi manusia.

“Perkembangan teknologi ini tidak bisa dilepaskan dari literasi manusia, literasi humanistik, ini lah yang akan melahirkan inovasi-inovasi berbasis industri tetapi mampu melihat bagaimana komponen humanistik tidak tertinggal,” terangnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa berliterasi bukan hanya sekedar tentang membaca dan menulis.

“Berliterasi bukan hanya tentang membaca dan menulis tetapi kita juga dapat melihat, mengidentifikasi, mengkoordinasi, dan akhirnya menjadikan sebuah akumulasi dan kolaborasi dalam memecahkan suatu masalah,” ujarnya.

Reporter: Balqis Zahrani Fitri & Siti Aisyah Abdullah

Leave a Reply

Skip to toolbar