JAJAK PENDAPAT: KELUHAN MAHASISWA FBS UNM TERKAIT PENGGUNAAN SYAM-OK

Makassar, Estetika – Tim Penelitian dan Pengembangan (Litbang) LPM ESTETIKA Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan jajak pendapat untuk mengetahui kendala mahasiswa lingkup FBS UNM dalam menggunakan LMS SYAM-OK sebagai media e-learning selama proses perkuliahan daring terhitung sejak dikeluarkannya surat edaran Rektor UNM No.0006/UN3/KP/2021 tentang Penetapan Kegiatan Akademik Perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 di UNM.

Jajak pendapat yang berlangsung selama enam hari, Rabu-Senin (17-22/2) ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner Google form dan diisi oleh 159 responden dari delapan Program Studi (Prodi). Delapan prodi tersebut adalah Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris, Bussiness English, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Pendidikan Bahasa Jerman, dan Pendidikan Bahasa Arab.

Adapun hasil yang diperoleh dari jajak pendapat Tim Litbang, yakni:

  1. Sebanyak 38,4% responden sangat sering menggunakan SYAM-OK, 52,8% responden sering menggunakan SYAM-OK, 8,8% responden kadang-kadang menggunakan SYAM-OK, dan 0% responden tidak pernah menggunakan SYAM-OK.
  1. Terdapat 97,5% atau sebanyak 155 responden memiliki kendala saat mengakses aplikasi SYAM-OK dan 2,75% atau sebanyak empat responden tidak mengalami kendala saat mengakses SYAM-OK.
  1. Pada pertanyaan jenis kendala ini, responden dibolehkan memilih lebih dari satu pilihan. Ditemukan ada 84,3% atau 134 responden mengalami server down, 92 atau 57,9% responden tidak menerima notifikasi saat ada tugas baru di SYAM-OK yang menyebabkan mahasiswa harus memantau SYAM-OK setiap saat, 37,7% atau 60 responden memiliki kendala dalam proses absensi, dan 17% atau 27 responden memilih lainnya.
  1. Infografik menunjukkan 80,5% atau 128 responden menganggap bahwa SYAM-OK tidak efisien digunakan dalam proses perkuliahan dan hanya 19,5% atau 31 responden menganggap bahwa SYAM-OK membuat proses perkuliahan lebih efisien.

Penulis: Tim Litbang LPM Estetika FBS UNM

Leave a Reply

Skip to toolbar