HMPS PBA ‘ARSY ADAKAN KAJIAN BAHAS IDENTITAS MAHASISWA

Makassar, Estetika — Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) ‘Arsy Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) adakan kajian di Sekretariat Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan via Google Meet, Sabtu (27/2).

Kegiatan yang mengusung tema “Identitas Mahasiswa” bertujuan agar mahasiswa mengetahui identitasnya sebagai mahasiswa ini menghadirkan M. Ilham (Presiden HMJ Bahasa Asing FBS UNM) selaku pemantik.

Pemantik, M. Ilham, menyebutkan bahwa moral force adalah kewajiban pertama yang harusnya dimiliki oleh mahasiswa.

“Ada tiga kewajiban mahasiswa, yaitu: Agent of change, social control, dan moral force. Permasalahannya saat ini adalah kita selalu diiming-imingi dan menomorsatukan untuk menjadi agent of change padahal ada hal yang harus kita lakukan sebelum melakukan perubahan yaitu moral force atau memperbaiki moral kita,” ungkapnya.

BACA JUGA: SYAM-OK, BELUM OKE?

Lebih lanjut, ia menuturkan alasan mengapa kita perlu memperbaiki moral terlebih dahulu.

“Kita tidak bisa melakukan perubahan sebelum mengenal diri sendiri. Melalui moral force, kita dapat mengenali diri. Setelah mengenali diri kita, baru bisa memandang sosial masyarakat (social control),” tuturnya.

“Lewat social control, kita akan memiliki pandangan tentang mana yang hak dan batil, barulah kita dapat mengimplementasikan pandangan kita dan melakukan perubahan. Selain itu kewajiban kita adalah berjuang bukan menang,” tambahnya.

Reporter: Adinda Grace

Leave a Reply

Skip to toolbar