DEMA JBSI FBS UNM ADAKAN KAJIAN DILEMA BAHAS TENTANG UKT

Parangtambung, Estetika — Dewan Mahasiswa (DEMA) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengahdakan Kajian Dialektika Mahasiswa (Dilema) di Sekretariat Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) FBS UNM, Jumat (12/2).

Kajian yang mengusung tema “UKT Apa Kabar?” ini menghadirkan Muh. Fadel Rachman (Presiden DEMA JBSI FBS UNM Periode 2018-2019 dan Menteri Sosial dan Politik BEM FBS UNM Periode 2019-2020) selaku Pemateri.

Suasana saat berlangsungnya Kajian Dialektika Mahasiswa (Dilema) di Sekretariat HMJ FBS UNM, Jumat (12/2). Foto: Nurliana/Estetikapers.

Pemateri, Muh. Fadel Rachman, mengungkapkan bahwa konsep pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) menggunakan sistem pembayaran satu pintu, yang mempermudah mahasiswa karena tidak perlu melakukan pembayaran apapun lagi.

“Konsep pembayaran UKT ini menjadi sistem pembayaran satu pintu, yang akan mempermudah mahasiswa sehingga tidak perlu melakukan pembayaran lain karena sudah dihitung dalam UKT,” ujarnya.

BACA JUGA: DEMA JBSI ADAKAN KAJIAN DILEMA HADIRKAN DOSEN UNIVERSITAS WIDYA MANDALA SEBAGAI PEMATERI

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa komponen Biaya Kuliah Tunggal (BKT) terbagi menjadi dua, yaitu Biaya Langsung (BL) dan Biaya Tidak Langsung (BTL).

“BKT terbagi menjadi dua, yaitu biaya langsung dan biaya tidak langsung. Biaya langsung adalah biaya operasional satuan yang terkait langsung dengan penyelenggaraan kurikulum program studi (keperluan belajar mengajar) dan biaya tidak langsung, merupakan biaya yang tidak ada hubunganya dengan belajar mengajar,” jelasnya.

Reporter: Nurliana & Serli Sari

Leave a Reply

Skip to toolbar