ADAKAN KELAS ADVOKASI, HMPS SASINDO BAHAS TEKNIK LOBI DAN NEGOSIASI DALAM ADVOKASI

Makassar, Estetika – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bahasa dan Sastra Indonesia (Sasindo) Dewan Mahasiswa (DEMA) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Kelas Advokasi, Minggu (28/2).

Kegiatan yang mengusung tema “Teknik Lobi dan Negosiasi dalam Keadvokasian” ini menghadirkan Sulkifli (Demisioner Presiden BEM FBS UNM periode 2019-2020) selaku pemantik dan dihadiri sebanyak 42 peserta.

Pemantik, Sulkifli, menyatakan bahwa teknik lobi dan negosiasi merupakan proses dialektika dan salah satu metode gerakan dalam pengadvokasian.

“Teknik lobi dan negosiasi dalam pengadvokasian merupakan proses dialektika dan salah satu metode gerakan yang mempunyai tujuan tertentu dalam sebuah wacana atau konteks untuk dicapai,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa dalam lobi dan negosiasi harus mempunyai kemampuan dan strategi.

“Dalam pengadvokasian lobi dan negosiasi penting memiliki bekal, seperti kemampuan untuk membaca konteks/wacana, memiliki retorika yang bagus, kemampuan bahasa untuk meyakinkan orang, data yang kuat dari hasil riset, dan menjadi pendengar yang baik. Strategi yang penting adalah harus mempersiapkan mental dan percaya diri yang kuat,” tambah pria yang akrab disapa Sule.

Reporter: Nurul Hikmah Syahrul & Rosdiana H

Leave a Reply

Skip to toolbar