EMPAT CARA RAWAT TANAMAN HORTIKULTURA AGAR TUMBUH SUBUR DI RUMAH

Tips, Estetika — Hi Sahabat Estetika! Di masa pandemi seperti ini mengharuskan kita untuk melakukan segala sesuatu dari rumah. Tentu saja hal tersebut membuat kita bosan, bukan? Nah, untuk melawan rasa bosan, ada baiknya Sahabat melakukan kegiatan yang bermanfaat, misalnya menanam dan merawat tanaman. Sahabat Estetika bisa mencobanya dengan tanaman Hortikultura alias tanaman kebun.

Selain menghilangkan rasa bosan, juga bisa menghemat pengeluaran Sahabat untuk membeli sayuran. Pekarangan rumah dapat dijadikan lahan tanaman lho. Tertarik mencobanya namun takut gagal? Tenang saja! Kali ini Tim Estetika akan memberikan cara merawat tanaman sayuran Hortikultura untuk Sahabat Estetika yang masih pemula. Simak empat tips berikut ini.

  1. Siram Tanaman Secara Rutin

Foto: Fitriani

Tanaman disiram dua kali sehari secara rutin, misalnya setiap pagi dan sore hari. Hal ini dilakukan agar pasokan air memenuhi kebutuhan tanaman. Jangan menyiram tanaman pada siang hari karena akan membuat tanaman layu.

Lakukanlah penyiraman dengan hati-hati dan hindari melakukan penyiraman secara berlebihan karena genangan air yang dihasilkan dapat membuat tanaman cepat rusak.

  1. Pemupukan Dengan Pupuk Alami

Foto: Fitriani

Lakukan pemupukan tanaman Hortikultura seminggu sekali dengan menggunakan pupuk alami untuk memberikan nutrisi yang baik bagi tanaman.

  1. Lakukan Pemangkasan Bagian Tanaman Yang Mati

Foto: Google.com

Ketika tanaman mulai layu dan kering, lakukanlah pemangkasan secara rutin dengan menggunakan pisau tajam atau gunting. Cara ini dilakukan untuk menghindari penyebaran hama dari daun yang satu ke daun yang lainnya.

Lakukan pemangkasan secara berhati-hati dan jangan sampai daun yang lain juga ikut terpangkas karena akan menyebabkan tanaman rusak.

  1. Selalu Memantau Kelembapan Suhu

Foto: depositphotos.com

Tanaman sayuran memerlukan tingkat kelembapan yang sesuai. Jangan sampai lupa untuk selalu mengecek suhu, karena tanaman sayuran memerlukan suhu dan cuaca yang baik. Tanaman sayuran juga membutuhkan lokasi yang memiliki tingkat kelembapan yang pas. Lokasi yang memiliki suhu terlalu tinggi dan rendah dapat mengakibatkan tanaman kehilangan air, nutrisi, serta kemampuan untuk berfotosintesis.

Nah, itulah empat tips merawat tanaman sayuran Hortikultura di rumah bagi pemula. Baca dan perhatikan baik-baik ya Sahabat, semoga bermanfaat.

Penulis: Fitriani

Leave a Reply

Skip to toolbar