BEM FBS UNM ADAKAN FORUM DISKUSI MENYONGSONG HARI TANI NASIONAL 2020

Parangtambung, Estetika– Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan forum diskusi “Menyongsong Hari Tani Nasional 2020” di Kampus FBS UNM, Rabu (23/9).

Saat berlangsungnya diskusi Menyongsong Hari Tani Nasional via live Instagram, Rabu (23/9). Foto: Tri Ananda/Estetikapers.

Forum diskusi yang juga disiarkan melalui live Instagram ini mengangkat tema “Perkuat Persatuan Rakyat Melawan Segala Bentuk Perampasan Tanah, Hentikan Kriminalisasi Rakyat dan Wujudkan Reforma Agraria Sejati serta Bangun Industrialisasi Nasional” dan menghadirkan anggota Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA) Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin, sebagai pemantik.

Pemantik, Nurdin, menjelaskan bahwa mayoritas penduduk Indonesia adalah petani.

“Mayoritas rakyat Indonesia adalah petani, sekitar enam puluh persen dari 260 juta penduduk Indonesia adalah petani dan kampanye paling tepat untuk meraih suara yang besar adalah bicara soal tanah, bicara soal pertanian, bicara soal agrari, mungkin itu semua senjata paling ampuh untuk memberikan janji-janji kepada rakyat Indonesia, khususnya petani,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan para petani kerap mengalami kesulitan dan dihadapkan dengan berbagai permasalahan.

“Para petani dihadapkan dengan perampasan tanah dan rendahnya harga jual hasil pertanian. Harga komoditas mengalami penurunan yang membuktikan tidak adanya perlindungan negara atas harga komoditas hasil petani,” jelasnya.

Reporter: AM 2 Estetika

Leave a Reply

Skip to toolbar