INGIN KECILKAN PORI-PORI? YUK GUNAKAN LIMA BAHAN ALAMI INI

Tips, Estetika – Halo, Sahabat Estetika. Bicara soal pori-pori yang membesar di wajah, emang pusing banget, ya. Bikin kita jadi enggak percaya diri kalau mau kemana-mana.

Tahu enggak sih, Sahabat? Penyebab pori-pori di wajah membesar ternyata dikarenakan kelenjar minyak yang berlebih. Tapi jangan salah, kulit yang kering juga bisa memicu pori-pori di wajah membesar, lho.

Hal tersebut kadang terjadi karena pori-pori tersumbat oleh debu, sisa make up, dan kotoran sehingga minyak yang dihasilkan wajah ikut tersumbat juga. Alhasil, pori-pori akan tampak lebih membesar dari ukuran sebelumnya.

Tapi enggak perlu takut, ya. Berikut Reporter Estetika telah merangkum beberapa tips yang bisa Sahabat lakukan untuk mengecilkan pori-pori.

1. Es Batu

Selain murah dan mudah ditemukan keberadaannya, es batu ini sangat ampuh untuk mengecilkan pori-pori. Caranya Sahabat cukup letakan ke wajah dan lapisi dengan handuk kecil agar tidak terlalu dingin. Gosok di area yang pori-porinya membesar dan pastikan wajah Sahabat sudah bersih, ya.

2. Kopi dan Gula

Source: Google.com

Jika Sahabat takut menggunakan pengobatan berbahan kimia, Sahabat bisa coba menggunakan bahan alami seperti kopi dan gula. Caranya sangat mudah, yaitu campur kedua bahan tersebut lalu oleskan secara merata ke wajah. setelah itu diamkan selama 10 hingga 15 menit. Jika sudah, bilas menggunakan air biasa sambil menscrub wajah secara halus terutama di area yang pori-porinya besar. Fungsi dari scrub kopi ini sangat bagus karena mengandung kafein yang sangat tinggi sehingga mampu menutrisi kulit serta melembutkan tekstur kulit. Selain itu, scrub dari gulanya bisa mengangkat sel kulit mati dan membuat pori-pori menjadi lebih kecil, lho.

3. Teh Hijau

Source: Google.com

Bahan keempat ini juga lumayan mudah. Teh hijau mengandung anti-oksidan yang dapat menangkal radikal bebas serta mampu mengangkat sel kulit mati sehingga pori-pori wajah mengecil. Caranya mudah, kok. Sahabat hanya perlu mencampur bubuk teh hijau dengan air hingga berbentuk pasta kemudian oleskan ke seluruh wajah. Jangan lupa dicoba, ya.

4. Lemon

Source: Google.com

Nah, yang satu ini lazim digunakan oleh sebagian besar orang. Lemon mengandung banyak anti-oksidan dan vitamin C. Selain itu, lemon juga mengandung asam yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit, lho. Oleh karena itu, lemon dapat dimanfaatkan untuk mengecilkan pori-pori di wajah. Caranya mudah, potong buah lemon, lalu peras airnya. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Jika sudah, Sahabat tinggal bilas dengan air bersih.

Nah, itulah tips mengecilkan pori-pori di wajah. Untuk Sahabat yang masih bingung, silakan coba cara di atas, ya.

Penulis: Riska Damayanti Anwar

Leave a Reply

Skip to toolbar