ENAM TAHAP PENGGUNAAN SKINCARE YANG TEPAT UNTUK MERAWAT KULIT WAJAH

Tips, Estetika – Halo Sahabat Estetika, apakah Sahabat sangat merawat kesehatan kulit atau baru berencana untuk memilih skincare yang tepat? Jika iya, Sahabat pasti sudah tahu dong penggunaan produk perawatan kulit wajah sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

Skincare ini terdiri atas beberapa jenis produk yang aplikasinya harus berurutan agar manfaat yang Sahabat sesuai dengan yang diharapkan. Sahabat tak usah bingung untuk mengetahui urutan penggunaan skincare yang tepat. Berikut Estetika telah merangkum enam tahap penggunaan skincare yang dapat Sahabat ikuti.

Pembersih Wajah

Source: Google.com

Dalam menggunakan skincare, Sahabat harus memulai dengan wajah yang bersih sebelum mengaplikasikan produk perawatan kulit lainnya. Untuk membersihkan wajah, Sahabat dapat menggunakan pembersih wajah. Nah, untuk memilih produk pembersih wajah atau cleanser, Sahabat dapat memilih produk yang sesuai jenis kulit sahabat agar dapat membersihkan dengan baik yaa. Sahabat bisa menggunakan sabun cuci muka, tisu basah, maupun oil cleanser atau produk pembersih wajah lainnya.

Toner

Source: Google.com

Apakah Sahabat sudah mengetahui fungsi toner? Nah, toner berguna untuk mempersiapkan wajah sebelum menerima produk perawatan lain yang akan kita aplikasikan. Penggunaan toner diaplikasikan setelah membersihkan wajah agar dapat membersihkan sisa kotoran pada wajah Sahabat. Jangan lupa juga untuk memilih jenis toner yang sesuai dengan kebutuhan kulit Sahabat.

Serum

Source: Soulcharming.com

Serum memiliki tekstur yang lebih kental dan diaplikasikan setelah memakai toner. Dibandingkan krim biasa, serum memiliki konsentrasi yang lebih tinggi sehingga kerjanya pun lebih efektif. Manfaat serum juga berbeda-beda, ada serum untuk menyamarkan keriput, mengencangkan kulit, mencerahkan, menghidrasi, hingga mengecilkan pori-pori. Sekali lagi pilih yang sesuai dengan kebutuhan Sahabat saat ini ya.

Krim Mata

Source: Google.com

Krim mata berfungsi untuk merawat area bawah mata. Untuk produk yang satu ini termasuk opsional. Sahabat tidak perlu pakai jika merasa area bawah mata tidak membutuhkan perawatan lebih lanjut. Namun, apa salahnya kan untuk merawat daerah tersebut.

Pelembap

Source: mindfulmomma.com

Produk skincare yang tidak kalah penting, adalah penggunaan pelembab atau moisturizer. Sahabat dapat memilih produk pelembab dengan tekstur yang ringan agar wajah terasa lebih kenyal dan tidak kaku. Pelembab berguna untuk mengunci air agar kelembapan kulit terjaga dan membuat wajah terlihat lebih cerah atau tidak kusam.

Tabir Surya

Source: Google.com

Langkah terakhir dalam urutan perawatan kulit adalah menggunakan tabir surya atau sunscreen. Tabir surya digubakan agar tidak terjadi penuaan dini. Penggunaan tabir surya wajib digunakan untuk menghindari dampak buruk matahari pada kulit di pagi, siang, hingga sore hari.

Jika Sahabat merasa aktivitas yang akan dilakukan lebih lama di bawah sinar matahari gunakan produk tabir surya dengan kadar minimal tiga puluh Sun Protection Factor (SPF). Untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat, aplikasikan tabir surya dengan kadar SPF yang lebih rendah tetapi jangan lupa untuk menggunakannya beberapa kali dalam sehari.

Nah, sahabat itulah enam urutan penggunaan skincare yang tepat sebelum pengaplikasian produk makeup kamu selanjutnya. Ada tips tambahan nih bagi Sahabat agar lebih mudah untuk mengingat urutannya yaitu dari tekstur skincare, dimulai dari tekstur lebih cair hingga kental. Semoga bermanfaat Sahabat dan tidak ada yang keliru ya.

Penulis: Balqis Syaidina Islami

Leave a Reply

Skip to toolbar