Rilis, Estetika – Dalam rangka mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tim PKM Fakutas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang beranggotakan tiga mahasiswa dari dua disiplin ilmu ini diantaranya Putri (Pendidikan Vokasional Mekatronika), Muhammad Irfandi (Pendidikan Vokasional Mekatronika) dan Abdullah (Pendidikan Teknik Elektro) membuat sebuah prototipe inovasi baru yakni alat penghapus papan tulis sensor suara, Selasa (11/6).

Foto bersama anggota Tim PKM FT UNM. Foto: Dok. Pribadi Tim PKM FT UNM.

Kegiatan yang dibimbing oleh Edy Sabara selaku dosen jurusan Elektroka ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar proses pembelajaran masih menggunakan papan tulis sebagai media pembelajaran dan penghapusan tulisan yang dimuat dalam papan tulis membutuhkan waktu yang banyak dan menguras tenaga. Alat penghapus papan tulis bersensor suara ini bertujuan sebagai upaya mempermudah penghapusan papan tulis.

Putri, salah seorang aggota Tim PKM FT UNM, menjelaskan bahwa alat ini menggunakan motor stepper sebagai alat penggerak.

“Prinsip kerja alat ini adalah ketika memerintahkan untuk menghapus tulisan maka alat tersebut secara otomatis akan menghapus tulisan dikarenakan adanya sistem sensor suara yaitu voice recognation yang telah kita program pada arduino dengan Motor Stepper sebagai penggerak alat tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia berharap agar alat ini dapat diproduksi secara massal.

” Tim berharap agar alat ini dapat diproduksi secara massal kepada lembaga pendidikan yang menggunakan papan tulis sebagai media pembelajarannya agar lebih memudahkan mereka dalam menghapus tulisan- tulisan yang ada pada papan tulis,” harapnya.

Rilis: TIM PKM FT UNM

Tim Estetika