Mon. Sep 21st, 2020

TALKSHOW DIKLAT JURNALISTIK LPM PSIKOGENESIS: THE DEATH OF EXPERTISE

Makassar, Estetika – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Psikogenesis Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Talkshow the Death of Expertise dalam acara Diklat Jurnalistik XIII LPM Psikogenesis, Minggu (13/9).

Kegiatan yang dibuka oleh Dosen Psikologi Sosial Fpsi UNM, Nur Fitriany Fakhri, ini bekerja sama dengan dengan Dosen Pendidikan Psikologi dan menghadirkan pembicara tamu spesial yang kompeten di bidang jurnalistik, Muhammad Arifin.

Dosen Pendidikan Psikologi FPsi UNM, Nur Fitriany Fakhri, mengatakan bahwa the Death of Expertise biasa juga terjadi karena adanya Confirmation bias, yaitu orang yang sangat sulit diajak berdiskusi karena mereka cenderung membenarkan keyakinan yang dimiliki.

“The Death of Expertise terjadi dikarenakan akhir-akhir ini banyak orang yang merasa dirinya paling ahli dan merasa paling tahu segalanya, mereka tidak mencari informasi yang mendukung kebenaran yang ada pada dirinya,” Jelasnya.

Di sisi lain, pembicara tamu spesial, Muhammad Arifin, memaparkan mengenai Jurnalistik dan persoalan di media. Ia menerangkan bahwa sumber informasi dan media berita beragam, namun kadang tidak sesuai dengan prinsip jurnalistik.

“Sekarang kita dihadapkan dengan teknologi yang membuat kita kurang perhatian terhadap media, sifat manusia yang suka mengulangi kesalahan, dimana tidak ada lagi yang menuliskan berita dengan apa yang dibutuhkan melainkan apa yang diinginkan,” paparnya.

Reporter: AM 6 & 8 ESTETIKA

Leave a Reply

Skip to toolbar