Rilis, EstetikaRektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Husain Syam, resmi melepas 433 Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM), KKN Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ), dan KKN Kebangsaan di Ballroom Lt. 2 Menara Phinisi, Gunung Sari, Makassar, Senin (8/7).

KKN-PPM 2019 sendiri akan dilaksanakan dengan 13 judul dari 13 dosen terpilih di 9 kabupaten di Sulawesi Selatan dan 404 mahasiswa sebagai peserta, sedangkan KKN ENJ diikuti oleh 27 mahasiswa yang dilaksanakan di Pulau Busu, Kab. Selayar, dan KKN Kebangsaan akan dilaksanakan di Ternate, Tidore yang diikuti oleh 2 mahasiswa.

Penyematan jaket KKN kepada perwakilan setiap kelompok KKN oleh Rektor UNM. Senin (8/7). Foto: Tirta/Estetikapers.

Selain dihadiri oleh Rektor UNM, kegiatan ini juga dihadiri oleh Pejabat Birokrasi UNM, Dosen Pembimbing, dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM. Pelepasan peserta KKN UNM inipun ditandai dengan penyematan jaket KKN kepada perwakilan setiap kelompok KKN oleh Rektor UNM.

Ketua LP2M UNM, Bakhrani Rauf, mengungkapkan bahwa kegiatan KKN ini merupakan aktualisasi keilmuan dalam pengabdian kepada masyarakat.

“Jadi kegiatan inu jadi aktualisasi diri keilmuan sekaligus pengabdian masyarakat. Kami harap dapat mendekatkan diri kepada masyarakat dengan tetap menjaga citra kampus kita tercinta,” ungkapnya.

Senada dengan Rektor UNM, Husain Syam, yang dalam sambutannya mengatakan bahwa KKN merupakan wadah untuk menerapkan ilmu yang telah didapatkan selama kuliah.

“KKN itu digunakan untuk mengimplementasikan keilmuan yang telah didapatkan selama kuliah. Jadi bukan hanya datang untuk mengecat pagar,” terangnya.

Selain itu, lelaki asal Polewali Mandar ini juga berharap UNM nantinya dapat memberikan inovasi KKN yang beragam hingga ke mancanegara.

“Saya harap nantinya kita bisa melaksanakan KKN tidak hanya di kandang sendiri. Bisa ke Jawa, bahkan sampai ke banyak negara luar. Bukan hanya di Malaysia saja. Tapi bahkan sampai ke LA kalau perlu,” jelasnya.

Reporter: TIM ESTETIKA

 

Estetika Tim