Makassar, Estetika – Pendaftaran Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terpadu Universitas Negeri Makassar (UNM) telah dibuka mulai Senin (1/7) hingga Rabu (31/7) mendatang.

Jika tahun sebelumnya mahasiswa KKN-PPL Tepadu perlu membayar biaya sebesar Rp.590.000, tahun ini mahasiswa KKN-PPL Terpadu hanya perlu membayar sebesar Rp. 415.000 yang telah mencakup biaya transportasi dan jaket KKN. Sedangkan untuk honor pembimbing dan lain-lain, ditanggung oleh UNM.

Mahasiswa penerima Beasiswa Mahasiswa Miskin dan Berprestasi (Bidikmisi) tidak dikenakan biaya apapun dengan syarat menunjukkan bukti bebas pembayaran untuk semester yang sedang berjalan. Sedangkan KKN-PPL Terpadu sendiri rencananya akan dilaksanakan selama tiga bulan, terhitung pada awal September mendatang.

Amiruddin, Kapus KKN & PM UNM saat diwawancarai diruangannya di lt. 3 Menara phinisi UNM, Senin (8/7). Foto : AM Estetikapers.

Kepala Pusat (Kapus) KKN dan PM UNM, Amiruddin, mengungkapkan bahwa pelaksanaan KKN pada awal September sudah melalui beberapa pertimbangan

“Sebenarnya idealnya itu bulan Agustus tapi kan banyak pertimbangan dan harus menyiapkan ini itu makanya paling lambat bulan September awal dan akan ditempatkan sesuai dengan acuan pada pemerintah daerah serta yang bekerja sama dengan UNM,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ia juga mengungkapkan bahwa meskipun tak memiliki batasan jumlah peserta, namun hingga saat ini pendaftar untuk KKN-PPL Terpadu sudah cukup banyak.

“Pendaftar KKN-PPL tahun ini kurang lebih 1000 mahasiswa,” ungkapnya.

Terakhir, ia menuturkan bekal penting yang harus dipersiapkan dalam program KKN mencakup kompetensi, kepribadiaan, dan sosial serta pentingnya menjaga nama besar UNM.

“Bekal yang pertama mahasiswa itu harus memiliki kompetensi, kepribadian dan sosial yang baik istilahnya softskill dan yang tak kalah penting haruslah menjaga nama besar UNM,” pungkasnya.

Reporter : AM ESTETIKA

Estetika Tim