Gunungsari, Rilis – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Barru Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali melakukan pelatihan ketiga di Gedung BD FE UNM, Jumat (10/5).

Suasana pembekalan ketiga KKN-PPM Barru UNM di Gedung BD FE UNM, Jumat (10/5). Foto: Dok. Pribadi/Mahasiswa KKN-PPM Barru.

Pembekalan yang dihadiri 20 mahasiswa KKN-PPM UNM dengan judul “Diversifikasi Olahan Ikan Laut di Desa Pancana Kabupaten Barru” ini didampingi oleh Ernawati S. Kaseng, Abd. Rahman, dan Pince Salempa selaku dosen UNM. Dalam pelatihan ini, mahasiswa menampilkan dan mempresentasikan tiga resep makanan olahan ikan, yaitu resep otak-otak ikan, resep nugget lunra’ dan resep ikan pepes.

Hayaturodiah, salah seorang mahasiswa yang mempresentasikan olahan resep otak-otak ikan, mengungkapkan bahwa dalam penggarapan resepnya, ia masih mengalami kendala estimasi dana

“Kendalanya itu untuk estimasi dananya, karena nantikan ditentukan jumlah orangnya jadi berapa bahan bahan yang akan di butuhkan dan juga jenis otak-otaknya,” ungkapnya.

Di sisi lain, Muhammad Irfan, Kordinator kecamatan KKN-PPM Barru, menjelaskan bahwa pelatihan ketiga ini dilakukan untuk pemantapan.

“Untuk mempermantap kesiapan kita dalam hal resep olahan ikan serta pemaparan video cara pembuatan beberapa olahan ikan laut yang akan kita praktekkan nanti pada pembekalan selanjutnya serta di tempat KKN. Ini merupakan pengembagan dari pelatihan sebelumnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia juga berharap semoga para peserta KKN-PPM Barru lainnya sudah memiliki gambaran jelas untuk apa yang akan dilakukan saat KKN nanti.

“Saya berharap setelah diadakan pelatihan ketiga ini, teman-teman sudah mempunyai gambaran yang jalas bagaimana cara mengolah ikan sesuai dengan resep yang telah disepakati,” harapnya.

Rilis: Mahasiswa KKN-PPM UNM Barru

Tim Estetika