Wed. Sep 30th, 2020

PELATIHAN KKN-PPM, BAHAN PENGETAHUAN AWAL MENUJU KERJA NYATA

Makassar, Estetika Pelatihan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pengabdian Pemberdayaan Masyarakat (PPM) mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) dilaksanakan di Gedung (BD 201) Fakultas Ekonomi, Gunung Sari, Makassar, Sabtu-Minggu (7-8/4).

Pelatihan KKN-PPM oleh mahasiswa ini dilakukan sebagai bahan pengetahuan awal menuju kerja nyata di lokasi yang telah ditentukan. KKN-PPM nantinya akan dilaksanakan di Kecamatan Panca Lautang, Kabupaten Sidrap, dengan judul penelitian “Pengembangan Produk Pertanian Organik Berbasis Sumber Daya Lokal Untuk Meningkatkan Pendapatan Keluarga”.

Salah satu tujuan dari program KKN-PPM ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kelompok sasaran agar dapat melakukan pengelolaan limbah 3T menjadi pupuk kompos dan pupuk organik cair.

Dalam pelatihan ini, masing -masing kelompok membawa bahan-bahan serta peralatan yang akan digunakan dalam membuat produk tersebut. Bahan-bahan yang disiapkan diantaranya; 1 Pentil ban bekas, air kelapa tua 2 liter, sampah organik basah (sayuran kool atau sejenisnya) yang telah tercincang-cincang atau dirajang halus sebanyak 3/4 karung beras, botol bekas air mineral kapasitas 1 liter, air cucian beras (pertama) 2 liter, air sumur 3 liter, double tip, dan selang kecil 1/2 meter.

Dosen pengabdi KKN-PPM Agus Syam, berharap agar limbah rumah tangga masyarakat dapat diolah menjadi pupuk organik sehingga dapat menghemat pengeluaran masyarakat.

“Intinya bagaimana mereka mengolah limbah rumah tangga menjadi pupuk organik yang bisa mereka gunakan untuk tanamannya, minimal tanaman di pekarangan depan rumahnya dan salah satunya agar mereka tidak usah membeli pupuk lagi,” harapnya.

Reporter: TIM ESTETIKA

Leave a Reply

Skip to toolbar