Rilis, Estetika Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) yang tergabung dalam tik Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC) menciptakan Aplikasi kalkulator Hak Waris dan Zakat dalam Islam (Alkhawarizmi), Senin (24/6).

Pembuatan aplikasi oleh Tim PKM-KC yang terdiri dari 3 orang yakni Dini Agustina, Moh. Alfiyan Nur, dan Danial Fanzeka ini didasari atas karsa dan nalar mahasiswa, bersifat konstruktif serta menghasilkan suatu sistem, desain, model/barang atau prototipe dan sejenisnya.

Aplikasi Kalkulator Alkhawarizmi ini memiliki kelebihan untuk menghitung jumlah warisan yang mesti diperoleh anggota keluarga yang ditinggalkan serta jumlah zakat yang mesti dikeluarkan berdasarkan Nhisabnya yang mudah di terima masyarakat umum.

Ketua Tim PKM-KC UNM, Dini Agustina, mengungkapkan bahwa terciptanya Kalkulator Alkhwarizmi dilatarbelakangi oleh maraknya konflik dalam permasalahan hak waris dan zakat di Indonesia.

“Berdasarkan apa yang kami lihat di Indonesia, konflik yang berkepanjangan selalu menjadi trending dalam permasalahan hak waris dan zakat. Dengan berkembangnya teknologi, kami membuat terobosan baru,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan dengan semakin canggihnya teknologi yang berkembang pula lah yang semakin mendorong Tim PKM-KC untuk membuat aplikasi tersebut.

“Ingin mencerdaskan kehidupan masyarakat dan memahami pentingnya sebuah pengetahuan. Semakin canggihnya pula teknologi yang berkembang di Indonesia membuat kami ingin memanfaatkannya dengan sebaik mungkin,” terangnya.

Selain itu, mahasiswi asal Kabupaten Bone tersebut juga berharap agar aplikasi ini dapat memecahkan masalah sosial yang ada.

“Dengan terciptanya aplikasi ini, semoga dapat dengan mudah memecahkan permasalahan sosial dan dapat digunakan sebaik mungkin. Serta memberikan motivasi kepada masyarakat bahwa pendidikan itu penting bagi tiap individu,” pungkasnya.

Rilis: Tim PKM-KC UNM

Estetika Tim