Wed. Sep 23rd, 2020

MAHASISWA KKN-PPM KECAMATAN SIBBANGPARU PAPARKAN PROKER MELALUI SEMINAR AWAL

Rilis, Estetika Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM)Universitas Negeri Makassar (UNM) yang ditempatkan di Kecamatan Sibbangparu telah menyrlesaikan Seminar Awal Kecamatan di kantor Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo, Selasa (24/7).

Sebelumnya, seminar program kerja pun telah dilaksanakan di 15 desa di Kecamatan Sabbangparu, yaitu Desa Pallimae, Desa Woronge, Desa Mallusse Salo, Desa Sompe, Desa Ugi, Desa Bila, Desa Wage, kelurahan Talotenreng, Desa Pasaka, Kelurahan Wallace, Desa Benteng Lompoe, Desa Salotenga, Desa Liu, dan Desa Ujung Pero.

Suasana Seminar Awal mahasiswa KKN-PPM UNM di Kecamatan Sibbangparu, Kab. Wajo. Foto: Dok. Pribadi.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan perangkat desa dari 15 desa dan Camat Sibbangparu, Tusman. Dalam sambutanya, Tusman, mengingatkan kepada seluruh mahasiswa KKN untuk lebih bersosialisasi dengan masyarakat.

“Saya berharap agar mahasiswa KKN-PPM UNM ini bisa lebih bersosialisasi dengan masyarakat serta memberikan banyak pelajaran yang bermanfaat,” tuturnya.

Program kerja sendiri merupakan ruh dari kegiatan KKN. Mahasiswa KKN diharapkan dapat menawarkan program kerja yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat tempat dimana KKN dilaksanakan.

Adapun program kerja yang akan dijalankan oleh Mahasiswa KKN-PPM UNM yaitu, pelatihan membuat sistem penjernihan air sederhana, pelatihan membuat olahan ikan air tawar menjadi abon ikan dan nugget. Selanjutnya dalam bidang pendidikan, melakukan proses ajar-mengajar pada siswa-siswi SD dan PAUD, ikut serta dalam perayaan 17 Agustus, serta melakukan pembenahan pada setiap kantor desa.

Tak hanya itu, salah satu perangkat kecamatan juga memberikan satu program kerja untuk mahasiswa KKN, yaitu melakukan seminar pelatihan untuk Master of Ceremony (MC) dan Protokol pada Mahasiswa KKN-PPM UNM sebagai pembelajaran untuk kegiatan selanjutnya.

KKN-PPM tersebut dimulai sejak Selasa (17/7) lalu dan rencananya akan selesai pada Agustus mendatang.

Rilis: Mahasiswa KKN-PPM UNM

Leave a Reply

Skip to toolbar