Rilis, Estetika – Dalam rangka hari belajar di luar kelas sedunia, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terpadu melakukan proses ajar mengajar di luar kelas yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Kamis (7/11).

Suasana berlangsungnya peringatan hari belajar luar kelas. Foto: Dok. Pribadi mahasiswa KKN-PPL Takalar.

Kegiatan yang bertujuan untuk membangkitkan semangat belajar siswa ini menyelenggarakan senyum, salam, sapa (S3), menyanyikan lagu kebangsaan, dan pengajaran adat makan. Selain itu kegiatan ini juga merangkaian simulasi bencana, senam germes, bermain permainan tradisional, deklarasi diri sekolah ramah anak, dan bersih lingkungan sekitar serta membaca buku.

Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP Negeri 3 Polongbangkeng Utara, Basri, menerangkan bahwa guru memberikan pemahaman kepada siswa bahwa belajar di luar Kelas dapat meningkatkan kreativitas.

“Dengan adanya momentum ini kami sebagai guru tau dan memahamkan siswa bahwa belajar tidak harus selalu di dalam kelas, diluar kelas kita memiliki keindahan alam yang mampu membangkitkan kreatifitas siswa maupun gaya belajar yang diterapkan guru, bagusnya jika dilaksanakan tiap hari,” terangnya.

Di sisi lain, Koordinator sekolah mahasiswa KKN-PPL Terpadu SMP Negeri 3, Chandar, berharap agar siswa dapat rajin dan bersemangat dam belajar.

“Saya berharap sehari belajar diluar kelas ini mampu memberi semangat siswa agar rajin belajar dan meningkatkan jiwa solidaritas dan sportifitas antarsiswa,” harapnya.

Siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Polongbangkeng Utara, Riski Wardana, menuturkan bahwa belajar di luar kelas tidak membosankan

“Saya sangat senang mengikuti kegiatan ini, belajar diluar kelas memang menyenangkan tidak membuat suntuk dan monoton memandang papan tulis apalagi diselingi bermain games bersama guru dan kakak KKN,” tuturnya.

Rilis: Mahasiswa KKN-PPL Terpadu

Estetika Tim