Sun. Sep 20th, 2020

LPM PENALARAN: PEMBAHASAN PROPOSAL DAN INSTRUMEN PENELITIAN LEMBAGA

Estetika, Rilis – 24 Peneliti LPM Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) telah melakukan Pembahasan Proposal dan instrumen penelitian Lembaga pada hari Minggu (11/03).

Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar atau LPM Penalaran UNM kembali mengadakan pembahasan proposal dan instrumen penelitian lembaga, dimana kegiatan ini menyeminarkan beberapa proposal penelitian dari lembaga yang merupakan salah satu program kerja dari LPM Penalaran UNM Periode 2017/2018.

Suasana pembahasan proposal LPM Penalaran periode 2017/2018, Minggu (11/3). Foto: dokumentasi pribadi LPM Penalaran.

Nurul Qalbi Awaliyah, selaku Ketua Divisi Penelitian dan Pengembangan LPM Penalaran UNM, berharap agar forum ini bisa menjadi tempat pembelajaran para anggota penalaran terkait penelitian dan semua elemen LPM Penalaran UNM memberikan saran dan masukannya terkait penelitian lembaga.

“Saya sendiri berharap semoga kedepannya, semua elemen penalaran sama sama mengawal ke 8 penelitian ini untuk meningkatkan kualitas penelitian dan eksistensi lembaga ke depannya,” ujarnya.

Ke-8 proposal penelitian tersebut terdiri dari 2 skim sains; 1 skim teknologi; 2 skim pendidikan; 2 skim sosial dan 1 skim ekonomi, yang dilakukan di 2 ruangan, yaitu ruangan FF 103 skim Pendidikan, sosial dan ekonomi, dan FF 104 dengan skim Pendidikan, sains dan teknologi. Pembahasan Proposal ini dihadiri oleh 6 orang penanggap ahli, pengurus LPM Penalaran UNM, serta para anggota dan alumni LPM Penalaran UNM.

Adapun judul penelitian dari skim sains yaitu:
1. Komposit Geopolimer Sebagai Material Refraktori
2. Pemetaan Potensi Ketahanan pangan Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros dengan Pendekatan (Sistem Informasi Geografi) SIG.

Dari skim teknologi dengan judul, yaitu:
1. Perancangan Aplikasi Pengenalan Tokoh Pahlawan dan Kebudayaan Melalui Patung di Pantai Losari Makassar Berbasis Teknologi Augmeated Realty.

Selanjutnya dari skim pendidikan yaitu:
1. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Audio Visual Berbasis 3D Hologram pada Materi Ikatan Kimia
2. Pengembangan Instrumen Diagnostik
dengan Model Three Tier Test pada Materi Aljabar Kelas VII SMPN di Kota Makassar.

Sedangkan pada skim Sosial yaitu:
1. Menelusuri Jejak Kehidupan Anak Pemulung di Kelurahan Tamangapa Kota Makassar
2. Kontrol Sosial Peredaran Narkotika Sintesis pada Remaja di Pinggiran Kota Makassar.

Pada skim ekonomi yaitu:
1. Pola Adaptasi Nelayan Kerang Terhadap Reklamasi Pantai Losari di Kecamatan Mariso Kota Makassar.

Menurut Agusman, selaku Ketua Umum LPM Penalaran UNM periods 2017/2018, terdapat berbagai macam permasalahan yang ada disekitar kita yang tentunya membutuhkan solusi, 8 diantaranya diangkat untuk diteliti sehingga melalui penelitian lahir berbagai macam solusi.

Sebagai mahasiswa yang bergerak dibidang penelitian hal ini harus terus kita lakukan sehingga semakin banyak permasalahan yang dapat kita beri solusi melalui hasil penelitian sehingga dapat berdampak secara langsung kemasyarakat.

“Saya berharap pada saat melakukan penelitian langsung kelapangan menggunakan metode penelitian yang benar berdasarkan saran dan masukan oleh Penanggap Ahli,” lanjutnya.

Salah satu penanggap ahli, Kamaruddin, berharap kualitas proposal yang dihasilkan melalui kegiatan ini dapat lebih baik lagi dengan adanya penanggap internal LPM Penalaran UNM dan eksternal UNM.

Sumber: LPM Penalaran UNM

Leave a Reply

Skip to toolbar