Wed. Sep 30th, 2020

KKN PPM UNM PINRANG, LATIH KETERAMPILAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN KRIPIK DAN SOUVENIR

Rilis, Estetika – Mahasiswa KKN-PPM Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Kursus dan Pelatihan Keterampilan Vokasional Berbasis Potensi Lokal di Bola Tudang Sipulung Kelurahan Mamminasae Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, Minggu (5/8).

Pada Pelatihan ini, Mahasiswa KKN-PPM UNM memberikan sebuah pelatihan pembuatan kripik bonggol pisang dan souvenir dari batok kelapa. Yang mana ini merupakan potensi lokal yang ada di kelurahan setempat.

Suasana berlangsungnya Kursus dan Pelatihan Keterampilan Vokasional Berbasis Potensi Lokal di Bola Tudang Sipulung Kelurahan Mamminasae Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang, Minggu (5/8). Foto: Dokumentasi pribadi Mahasiswa KKN-PPM Pinrang.

Selaku Koordinator Kelurahan, Risman mengatakan, pelatihan tersebut merupakan salah satu program utama dari KKN-PPM UNM di Kelurahan Mamminasae.

“Sebelum pelatihan ini, kami sejak awal telah melakukan observasi terkait potensi lokal yang ada di Kelurahan Mamminasae dan kami melihat bahwasanya potensi lokal yang ada adalah pada sektor pertanian dan perkebunan yakni banyaknya tanaman pisang dan kelapa, sehingga kami berinisiatif untuk mengadakan pelatihan pembuatan kripik pisang dan souvenir dari batok kelapa,” Ujarnya.

Kedepannya, hasil dari pelatihan ini yang berupa kripik bonggol pisang dan souvenir akan dipasarkan ataupun dijual di permandian air panas Sulili yang letaknya juga ada di kelurahan Mamminasae.

Salah satu peserta pelatihan, Ibu Sunarwati, mengatakan bahwa pelatihan ini sangat menarik karna mengangkat potensi lokal yang ada di daerah kami yang kemudian dapat lebih bermanfaat karna kita bisa kelolah dan kemudian kita pasarkan.

“Ini juga bisa jadi peluang usaha,” tuturnya.

Sumber: Mahasiswa KKN-PPM UNM

Leave a Reply

Skip to toolbar