Makassar, Estetika – Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri (PMBM) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah resmi dibuka pada tanggal 1 Juli dan akan berakhir pada tanggal 19 Juli 2019, Selasa (2/7).

Jalur ini merupakan jalur terakhir yang dibuka setelah SNMPTN dan SBMPTN ditutup. Untuk dapat mengikuti pendaftaran jalur mandiri ini, calon mahasiswa diharuskan mendaftar online melalui website resmi UNM dan dikenakan biaya sebesar 400 ribu untuk jalur Test Potensi Akademik (TPA) dan 200 ribu untuk jalur Prestasi.

Adapun tata cara dan persyaratan yaitu calon mahasiswa terlebih dahulu mengambil KAP, PIN dan kode pembayaran pada laman daftar-pmbm.unm.ac.id. Kemudian membayar uang pendaftaran pada Bank BNI memakai kode bayar.

Setelah melakukan pembayaran, dilanjutkan melengkapi data. Untuk jalur prestasi mengunggah dokumen tambahan seperti fotokopi rapor semester 1-5, dokumen pendidikan berupa sertifikat/rekomendasi/surat keterangan hafidz Qur’an minimal 15 juz dari sekolah/pesantren untuk prestasi Tahfidz dan untuk prestasi juara menambahkan piagam/sertifikat lomba tingkat Nasional/Internasional tertanda KONI (bidang olahraga) tertanda Dinas Pendidikan Provinsi (bidang lainnya).

Setelah semua data dimasukkan beralihlah ke tahap verifikasi data. Sebelum mencetak kartu peserta PMBM terlebih dahulu memeriksa data dan untuk jalur prestasi kembali melakukan pengisian data seperti fotokopi, data personal, data pendidikan dan pilihan prodi sedangkan, untuk jalur Test Potensi Akademik (TPA) jika data sudah benar silahkan mencetak kartu peserta PMBM.

Reporter : Mar’in Suwardi( AM 5 Estetika)

Estetika Tim