Sat. Oct 31st, 2020

JALUR MANDIRI UNM 2018 DIBUKA

JALUR MANDIRI UNM 2018 DIBUKA

Makassar, Estetika – Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri (PMBM) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah resmi dibuka sejak 21 Juni lalu dan akan berakhir pada tanggal 20 Juli 2018, Selasa (10/7).

Jalur ini merupakan jalur terakhir yang dibuka setelah jalur SNMPTN dan SBMPTN ditutup. Untuk dapat mengikuti pendaftaran mandiri ini, calon mahasiswa diharuskan mendaftar online melalui website resmi UNM dan dikenakan biaya sebesar 400 ribu untuk jalur Test Potensi Akademik (TPA) dan 200 ribu untuk jalur prestasi.

Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) UNM, Muharram, menjelaskan mengenai tempat pembayaran pendaftaran dan waktu pelaksanaan tes jalur mandiri tersebut.

“Untuk pembayaran pendaftaran dapat dilakukan di bank BNI terdekat dan untuk tes mandiri sendiri, yaitu ujian tertulis dilakukan pada 24 Juli 2018, juga ada ujian keterampilan 25 Juli 2018 tapi hanya untuk Fakultas Teknik, Olahraga, Seni serta tes terakhir yaitu tes wawancara juga 25 Juli 2018,” ujarnya.

Muharram juga mengungkapkan tentang kriteria maba yang dapat lolos di jalur ini dinilai berdasarkan kemampuan akademik dan tes wawancara calon mahasiswa.

“Untuk nilai dari jalur ini berdasarkan dari kemampuan akademik saat tes tertulis dan bagaimana karakternya pada saat wawancara, yaitu cara bicaranya, penampilan, dan kerapiannya saat menghadiri wawancara,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan, bahwa berbeda dari tahun sebelumnya kuota untuk jalur mandiri yang diterima kurang lebih sekitar 2000 kuota.

“Kalau untuk kuota mandiri kita menerima sekitar 2000an,” tambahnya.

Ia turut mengungkapkan terkait jurusan yang paling banyak diminati tahun ini.

“Untuk pendaftar jurusan terbanyak, yaitu Manajemen, Administrasi Negara, Pendidikan Biologi, PTIK, Psikologi dan PGSD juga,” ujarnya.

Reporter : AM ESTETIKA

Leave a Reply

Skip to toolbar