Makassar, Estetika – Sebanyak 57 Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) siap mengikuti Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Mayarakat (KKN-PPM) di Kecamatan Watang Sidenreng, Sidrap, Selasa (9/7).

Pembekalan KKN-PPM dilaksanankan di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), kampus UNM yang didampingi langsung oleh Muh Said selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Mahasiswa KKN-PPM penempatan Kecamatan Watang Sidenreng, Sidrap, mengikuti pembekalan di Fakultas Ilmu Keolahragaan, Kampus UNM, Selasa (9/7). Foto: Dok pribadi.

Tema dari program ini adalah “Pemanfaatan Tanaman Toga (Tanaman Obat Keluarga) Untuk Kualitas Hidup Sehat”. Tanaman obat keluarga atau lebih dikenal dengan Tanaman Toga ini sendiri adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Program ini akan dilaksanakan dibeberapa pembagian wilayah. Wilayahnya dibagi menjadi tiga kelurahan dan lima desa yang terdiri dari delapan Posko.

Muh Said, Dosen Pembimbing Lapangan, berharap, program ini dapat dijalankan dengan baik nantinya. Ia juga berharap, adanya kegiatan dengan tema ini, Tanaman Toga dapat membantu masyarakat sebagai obat pertolongan pertama.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat membantu masyarakat di daerah dengan dapat memberikan penanganan atau pertolongan pertama sebelum di tangani oleh dokter,” harapnya.

Senada dengan hal tersebut, salah satu peserta KKN, Risnawati Lukman juga mengharapkan penanaman tanaman toga ini dapat meningkatkan kualitas hidup sehat masyarakat.

“Kami tentunya berharap dengan program tanaman toga ini dapat meningkatkan kualitas sehat hidup di masyarakat di daerah dan juga dapat dijadikan sebagai obat pilihan pertama sebelum berobat ke dokter,” ujarnya.

Mahasiswa KKN-PPM penempatan Sidrap akan diberangkatkan pada Kamis, 11 Juli 2019 dan melaksanakan pengabdian masyarakat selama satu bulan lamanya.

Reporter: TIM ESTETIKA 

Estetika Tim