Sat. Oct 31st, 2020

HMPS PBA ‘ARSY GELAR KAJIAN FIQH RAMADHAN

Gunungsari, Estetika – Dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) ‘Arsy Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) Gelar Kajian Rutin di Aula Gedung Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab, Senin (14/5).

Kajian Rutin Bulanan yang mengangkat tema “Fiqh Seputar Ramadhan” ini dibawakan oleh Ust. Dr. H. Abbas Baco Miro, Lc., MA., seorang alumnus dari Islamic University of Islamabad, Pakistan. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Divisi Tarbiyah wa Tantiq (Pendidikan dan Penalaran) HMPS PBA ‘Arsy FBS UNM.

Suasana berlangsungnya kajian Fiqh Seputar Ramadhan HMPS PBA ‘Arsy (14/5). Foto : Asmaul Husnah/ estetikapers.

Chusnul Muhammad, selaku Koordinator Divisi Tarbiyah wa Tantiq sekaligus Ketua Panitia kegiatan ini mengungkapkan, dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan, Divisi Tarbiyah wa Tantiq menganggap perlu mengangkat tema seputar Ramadhan yang diharapkan dapat menambah wawasan tentang ibadah dan amalan-amalan di bulan Suci Ramadhan.

“Kajian ini sengaja memilih tema Ramadhan selain dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan, Divisi Pendidikan dan Penalaran selaku divisi penyelenggara kajian ini menganggap perlu mengangkat pembahasan seputar Ramadhan untuk menambah wawasan kita tentang apa-apa saja ibadah atau amalan-amalan yang disunnahkan yang dapat kita aplikasikan dalam bulan suci Ramadhan,” ungkapnya.

Adapun tujuan dari kajian ini sebagai upaya menciptakan program kerja Himpunan yang tidak hanya fokus pada perkara-perkara keduniaan saja, namun juga fokus pada pengkajian keagamaan.

“Kami dari Divisi Pendidikan dan Penalaran juga ingin menjadikan Himpunan yang tidak hanya fokus pada perkara-perkara keduniaan, tetapi kita juga menganggap sangat perlu untuk bagaimana kita bisa fokus juga dalam pengkajian-pengkajian keagamaan,” lanjutnya.

Ahmad Irfan, selaku Roisul Munazzomah (Ketua Umum) HMPS PBA ‘Arsy mengharapkan agar Kajian Rutin Bulanan ini menjadi ajang silaturahmi antar Lembaga Kemahasiswaaan (LK) dan menambah wawasan keagamaan.

“Harapan kami sebagai pengurus dengan adanya kajian rutin bulanan ini semoga bisa sebagai ajang silaturahmi antar LK lain dan sebagai tempat menambah wawasan tentang keagamaan,” harapnya.

Reporter: AM 6 Estetika

Leave a Reply

Skip to toolbar