Rilis, Estetika Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menggelar kegiatan Inaugurasi sebagai bentuk pengukuhan kepada 135 mahasiswa jurusan Matematika angkatan 2017.

Kegiatan yang bertajuk INAUGURASI ALGOR17MA “MASQUERADE” ini diadakan di Gedung PKK/Darma Wanita Kota Makassar, Jalan Anggrek Raya No.1, Panakkukang, Paropo, Makassar, Kamis (11/10/18).

Ketua panitia, Fitriadi Ramadhan mengungkapkan kegiatan yang turut menghadirkan mahasiswa Makassar dan Pare-pare ini mengusung tema “Infinite Possibillities of Mathematics, Give Them a Mask and They Will Tell You The Truth”.

Lebih lanjut, mahasiswa angkatan 2017 ini menjelaskan Inaugurasi tahun ini menampilkan pertunjukan seni kerajaan Eropa.

“Untuk konsep inaugurasi itu sendiri kami mengusung konsep castle atau kerjaan, Masquerade. Kami berupaya menampilkan pementasan seni kerajaan Eropa dengan budaya dari Indonesia, yakni Makassar. Pementasan tersebut dapat disaksikan lewat drama musikal, tari kreasi, tari 5 etnis, paduan suara, perkusi, serta musikalisasi puisi,” jelas Fitriadi.

Sementara itu, Zaenal selaku Ketua Umum HMJ Matematika mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk regenerasi dengan harapan agar dapat membangun ikatan emosional mahasiswa jurusan Matematika pada angkatan 2017.

“Berbicara tentang inaugurasi maka kita akan berbicara pengukuhan mahasiswa baru yang telah melewati jenjang kaderisasi di tingkat jurusan. Tujuannya semata-mata dari kaderisasi itu sendiri adalah karena regenerasi,” katanya.

“Adapun dikegiatan ini diharapkan agar bisa membangun ikatan emosional dari semua elemen-elemen yang ada di lingkup jurusan matematika FMIPA UNM itu sendiri, khususnya antar Mahasiswa di angkatan yang telah melewati kaderisasi tersebut. Selain itu, diharapkan mahasiswa bisa menunjukkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam pelaksanaan inaugurasi itu sendiri,” harap Zaenal.

Lebih lanjut, Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNM, Awi Dassa turut hadir kegiatan ini untuk mengukuhkan 135 mahasiwa Matematika 2017 dengan melakukan pemasangan almamater secara simbolis.

Pemukulan gong oleh Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNM sebagai simbolis pengukuhan 135 mahasiswa Algor17ma. Foto: Dok. Pribadi/HMJ Matematika.

Dalam sambutannya, ia mengungkapkan harapannya bahwa melalui kegiatan ini sebagai salah satu kegiatan kelembagaan bisa menjadi wadah untuk belajar disiplin belajar mengurusi orang dan paling penting belajar menghadapi sesuatu dalam segala keadaan.

“Dengan kegiatan kelembagaan diharapkan dapat terjun dalam masyarakat, sementara dalam lingkungan kampus hanya akan mendapat sedikit karakter yang berbeda. Namun ketika terjun ke masyarakat akan menemukan berbagai macam karakter bahkan sampai beribu ribu karakter,” katanya/harapnya.

Pada kegiatan ini, Pembantu Dekan 3 FMIPA UNM, Drs. H. Syukri Nyompa, S.H., M.Si., Ph.D. turut hadir sekaligus membuka kegiatan inaugurasi dengan simbolis pemukulan gong . Dalam sambutannya, Guru Besar Matematika ini mengungkapkan apresiasi beliau kepada pengurus HMJ Matematika atas pelaksanaan kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan ini, beliau berharap dapat mempererat hubungan yang baik, memperkokoh persaudaraan dengan selalu menjaga kemesraan.

“Saya sangat mengapresiasi pengurus HMJ atas pelaksanaan kegiatan ini, dengan semangat juang tinggi, kreativitas dan niat yang baik.
Dengan adanya acara ini kita bisa saling sayang menyangi, bahu membahu di jalan yg benar jalan yang lurus dan selalu menjaga kemesraan,” katanya.

Rilis: HMJ Matematika FMIPA UNM

Estetika Tim