Estetika, Makassar – Himpunan Mahasiswa Program Studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar (Himastat FMIPA UNM) melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Software Statistika Yang berlangsung di Gedung FF Parangtambung, Sabtu-Minggu (9-10/9). Materi yang tersaji diantaranya: Pengenalan Software R, Praktek Penggunaan Software, Manajemen Data, Membuat Tabel dan Grafik serta Analisis statistika deskriptif menggunakan software R.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dalam menggunakan software Statistika dan memperkenalkan software yang memiliki lisensi sehingga mengurangi penggunaan software bajakan. Selain ditujukan untuk mahasiswa, kegiatan ini juga berlaku untuk umum.

Dok. Pribadi/ HIMASTAT FMIPA UNM.

Ketua Program Studi Statistika, Muhammad Arif Tiro, mengapresiasi kegiatan sosialisasi dan pelatihan software statistika dalam memperkenalkan software berlisensi.

“Mahasiswa harus mampu mengolah datanya sendiri tapi harus menggunakan software yang berlisensi,” ungkapnya.

Dwi Reskiyani Febrianti, selaku ketua panitia berharap kegiatan ini dapat memperkenalkan Program Studi Statistika kepada khalayak umum.

“Hal ini dapat mengubah pemikiran orang-orang yang tadinya menggunakan software illegal dalam menganalisis data mengubahnya menjadi software berlisensidan gratis,” pungkasnya.

Citizen Report: Himastat FMIPA UNM

 

 

Estetika Tim