Makassar, Estetika – Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menghelat Research Colloquium (RC) sebagai wadah diseminasi dan publikasi dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh anggotanya di Ballroom Lantai 2 Menara Phinisi UNM, Gunung Sari, Makassar, Minggu (16/9).

Kegiatan ini dirangkaikan dengan Expo rangkaian poster hasil penelitian yang telah dilakukan dan Talkshow yang menghadirkan M. Iqbal S, Suhaeb selaku Ketua Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Sulawesi Selatan, Faridah Ohan dari Akademisi dan Ihwana Mustafa yang menyuarakan Program Manager YSTC Save The Children sebagai pemateri yang mengupas tuntas mengenai penelitian.

Suasana pembukaan Research Colloquium yang dibuka oleh PR IV UNM, Gufran Darma Dirawan, Minggu (16/9). Foto: Dok. Pribadi LPM Penalaran.

Kegiatan inipun dibuka langsung oleh Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama (PR IV) UNM, Gufran Darma Dirawan. Dalam sambutannya, ia memberikan motivasi kepada para peneliti untuk terus melanjutkan penelitian dan tidak takut untuk bersaing sampai kancah Internasional.

“Lanjutkan penelitian kalian, jangan takut untuk bersaing, jika perlu sampai ke internasional,” ujarnya.

Ketua umum LPM Penalaran UNM, Agusman, mengungkapkan bahwa LPM Penalaran UNM mengharuskan anggotanya untuk melakukan penelitian agar dapat membantu memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat.

Faridah Ohan saat menjadi pemateri Program Manager YSTC Save The Children, Minggu (16/9). Foto: Dok. Pribadi LPM Penalaran.

“Anggota LPM Penalaran UNM sadar bahwa banyak sekali permasalahan yang ada di masyarakat, itulah mengapa LPM Penalaran UNM sebagai lembaga penelitian mengharuskan anggotanya untuk melakukan penelitian sehingga bisa membantu memecahkan permasalahan- permasalahan yang ada,” ungkapnya.

Kegiatan RC pun diakhiri dengan Paralel Session yang berlangsung di empat ruangan berbeda dengan menampilkan 19 penelitian yang telah dilakukan oleh Anggota LPM Penalaran UNM.

Sumber: Rilis LPM Penalaran UNM

Estetika Tim