Rilis, Estetika – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Aplikasi Studi Mahasiswa (ASM) di Pondok Pesantren Madrasah Aliyah DDI Al-Ihsan Kanang Desa Batetengnga, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat, sejak Jumat (19/7) hingga Sabtu (27/7) mendatang.

Mengusung tema “Fisika Membangun untuk Negeri”, ASM terdiri atas enam kegiatan yakni pelatihan informasi dan teknologi, forum anak, latihan dasar kepemimpinan, workshop KIT alat Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), eksplorasi dan praktikum fisika dasar serta bimbingan mata pelajaran fisika untuk persiapan lomba.

Ketua Umum, Sarifuddin, menjelaskan bahwa menjelaskan bahwa kegiatan ASM merupakan salah satu bentuk bakti sosial sekaligus pra-KKN.

“Kegiatan ini bentuk dari bakti sosial dan implementasi tridarma perguruan tinggi dan dapat dianggap sebagai pra-KKN, mahasiswa belajar mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari kampus dan menerapkannya di masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Abd. Rahim, Kepala Sekolah MA DDI Al-Ikhsan Kanang, berharap agar ASM dapat memberi banyak manfaat bagi sekolah.

“Berharap agar ASM dapat memberi banyak manfaat bagi sekolah. Kehadiran para mahasiswa Fisika sangat membantu sekolah kami karena sejak 2015, fisika diambil alih oleh guru matematika yang bersedia mengajar fisika,” akunya.

Di sisi lain, Muh. Said, Kepala Desa, juga menyampaikan harapannya agar kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan di Ponpes DDI Kanang.

“Saya sangat berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya,” harapnya.

RILIS HMJ FISIKA FMIPA UNM

Estetika Tim