Makassar, Estetika – Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali diterpa berita duka. M. Taufik, dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNM menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Mustasyfa’ Zahir Abdul Aziz King, Mekkah, pada pukul 00.00 waktu Mekkah, Sabtu kemarin (25/5).

Almarhum M. Taufik dosen FBS UNM.

Berita duka tersebut mulai tersebar di grup Whatsapp, Minggu (26/5). Pesan tersebut menyebutkan bahwa M. Taufik meninggal tepatnya pada pukul 05.00 Wita setelah usai menunaikan ibadah umrah dan masih berpakaian ihram. Mengenai sebab kematiannya, diketahui dosen Bahasa Indonesia ini meninggal karena sakit.

Saat diwawancarai melalui Whatsapp, Nensilianti selaku Ketua Prodi (Kaprodi) Sastra Indonesia, membenarkan berita duka tersebut.

“Iya berita itu benar,” ungkapnya.

M. Taufik adalah sosok yang dikenal sebagai dosen FBS yang berperilaku baik dan ramah terhadap mahasiswa. Hal tersebut pun turut disampaikan oleh Nensi bahwa Almarhum memang dosen yang sangat baik.

“Dia baik, berbudi pekerti yang luhur, lembut, sangat menghargai orang lain, penolong,” tuturnya.

Di sisi lain, Magfirah Salsabilah, mahasiswa PBSI, juga mengatakan bahwa Almarhum Taufik adalah sosok yang sangat penyabar di mata mahasiswanya.

“Beliau adalah salah satu sosok yang sangat sabar dan baik yang pernah saya kenal. Saya berterima kasih dan bangga karena sempat diampuh selama dua semester ini,” katanya.

Sebelum kepergian Almarhum Taufik beribadah ke Mekkah, ia masih sempat berbincang bersama Rosita, Staff Pegawai JBSI mengenai input nilai mahasiswa dan meminta agar dirinya dicarikan pengganti penguji ketika Almarhum pergi.

“Waktu hari terakhir di kantor beliau bahas soal nilai akhir. saya pikir beliau menyetor semua nilainya di operator waktu itu namun kak Yuli mengatakan bahwa belum beliau stor. Soal minta digantikan semua pengujinya itu benar karena beliau yang sampaikan langsung ke saya,” jelasnya.

Almarhum M. Taufik telah dimakamkan di Mekkah pada Minggu (26/5) sekitar pukul 05.00 waktu Mekkah setelah shalat subuh, atau sekitar pukul 11.00 Wita.

Reporter: TIM ESTETIKA

Estetika Tim