Tue. Jul 14th, 2020

EKSPLORASI POTENSI MARITIM PRODI SOSIOLOGI GELAR RISET DI BULUKUMBA

Rilis, Estetika – Program Studi (Prodi) Sosiologi Fakultas Ilmu Sosiologi (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar studi lapangan dalam rangka Mengeksplorasi jagat maritim di Bulukumba, Sulawesi Selatan (SulSel), Jumat-Minggu (1-3/11).

Kegiatan ini merupakan serangkaian perjalanan sekaligus riset mahasiswa sosiologi pada mata kuliah sosiologi maritim.
Riset ini akan menyasar tujuh tema pokok yang menjadi fokus fenomena kemaritiman pada masyarakat nelayan.

Dok. Pribadi

Tema tersebut yaitu (1) Ekologi masyarakat maritim, (2)Perubahan struktur dan relasi sosial masayarakat nelayan, (3) Manajemen dan Industri masyarakat nelayan, (4) Ritual masyarakat masyarakat pembuat perahu, (5) Ekowisata masyarakat pesisir, (6) Etos kerja komunitas penangkap ikan, (7) Konsentrasi lokalitas dengan tekonologi masyarakat nelayan.

Ketua Prodi (Kaprodi) Sosiologi FIS UNM, Idham Irwansyah, menuturkan bahwa hasil penilitian ini akan dilokakaryakan dengan melibatkan pakar untuk mengeksplorasi hasil temuan dilapangan.

”Penelitian ini sudah dipersiapkan berbulan-bulan dan sudah menjadi program rutin Prodi Sosiologi. Dimana hasil penelitian Mahasiswa akan dilokakaryakan dengan melibatkan pakarnya,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa mahasiswa angkatan 2017 sudah dibekali teori mengenai keterampilan teknis pada saat turun di lapangan.

“ Mahasiswa yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah angkatan 2017. Mereka sudah dibekali secara teori sesuai tema dan keterampilan teknis saat berada lapangan,” ungkapnya.

Leave a Reply

Skip to toolbar