Sat. Sep 26th, 2020

BERSAMA PHP2D, BINOM 2020 ADAKAN PROGRAM TAMAN BACA

Enrekang, Estetika – Bakti Pendidikan dan Sosial Matematika (BINOM) 2020 Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) berkolaborasi dengan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) mengadakan salah satu program taman baca di Desa Salo Dua, Kabupaten Enrekang, Selasa (15/9).

Suasana saat berlangsungnya kegiatan taman baca di Desa Salo Dua, Enrekang, Selasa (15/9). Foto: Dokumentasi Pribadi.

Taman baca yang merupakan program kolaborasi antara BINOM 2020 dan PHP2D ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca literasi warga Desa Salo Dua khususnya anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Adapun buku yang tersedia di taman baca ini adalah beberapa buku dongeng yang dikolaborasikan dengan pemeran media pembelajaran.

Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak dua kali dalam sepekan selama masa kolaborasi BINOM 2020 dan PHP2D. Namun, khusus untuk PHP2D, taman baca ini akan dilangsungkan selama seratus hari yang dimana setiap minggunya akan dilaksanakan tahap monitoring.

Ketua tim BINOM 2020, Muh. Isnain Abd. Wafi, mengaku bahwa semangat warga Desa Salo Dua sangat tinggi sekali atas diadakannya program taman baca ini.

“Antusiasme dari anak-anak sangat luar biasa, tahap pertama yang dilakukan yaitu sosialisasi, jadi sebelum kegiatan taman baca dimulai, anak-anak sudah kumpul di balai desa. Antusias sangat luar biasa dari anak-anak dalam mengikuti kegiatan taman baca,” Jelasnya.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan mengenai taktik khusus untuk menarik perhatian anak-anak di Desa Salo Dua untuk datang ke taman baca.

“Kami mengajak adik-adik datang ke posko ramai-ramai main-main. Jdi kami mengajak anak-anak bahwasanya nanti sore akan ada taman baca, dimana di taman baca itu sendiri akan banyak buku dan lebih lagi akan ada dongeng yang langsung diperagakan oleh anak-anak,” tambahnya.

Reporter: AM 4 ESTETIKA

Leave a Reply

Skip to toolbar